Mohon tunggu...
Hana Marita Sofianti
Hana Marita Sofianti Mohon Tunggu... Guru - Guru , Ghostwriter, Blogger

Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini , Blogger, Ghostwriter

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Daun Putat "Planchonia Valida" yang Nikmat dan Sehat

16 Oktober 2021   21:25 Diperbarui: 20 Oktober 2021   08:45 346 23 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto : Daun Putat Pucuk Merah di Belakang Rumah ( dokpri : Hana Marita Sofianti )

" Daun Putat atau istilahnya 'Planchonia Valida' merupakan pohon jenis tanaman daun petik yang biasanya berada di hutan primer seperti Indonesia & Malaysia, aman dan dapat dikonsumsi " ( Wikipedia )

Sejak kecil, saya sering main ke hutan atau 'kebon/ladang/huma' bersama nenek, bawa nasi timbel dan sambel di rantang, menyusuri sawah dan melintasi sungai. 

Beruntung masa kecil saya sangat indah walau hanya bersama nenek saja, menikmati udara yang masih bersih suasana asri hamparan kebun dan saung tengah ladang sebelum hutan. 

Cobek, mutu, termos dan seperangkat alat wajib lainnya berada di bakul nenek plus 'cetok' ( alat penutup kepala dari bambu khas Sunda) anti terik matahari. 

Saat itu saya selalu memperhatikan nenek memetik pucuk daun sebuah tanaman yang menurut saya aneh saja waktu itu dan kurang suka karena rasanya yang kesat, hahaha! Maklum anak-anak waktu itu jarang sekali ada makanan kemasan! Ups! 

Kata nenek daun ini namanya daun putat dan nanti daun ini akan langka, lalu nenek izin untuk menanam pohon daun ini dengan bahasa Sunda yang menurut saya aneh waktu itu terdengar sedikit seperti begini " ...... Mipit kudu amit ngala kudu menta ..... " (Intinya meminta izin untuk mengambil satu pohon atau bibit di hutan untuk ditanam di rumah). 

Tradisinya kan di hutan ga ada yang punya wilayah alias punya pemerintah namun kita tetap harus meminta izin pada yang 'punya hutan' begitu kata nenek. Hmmm, markiba! Atau mari kita bahas apa itu daun putat? Lets go!

Foto : Daun Putat Sambal Tumbuk Kacang ( Dokpri : Hana Marita Sofianti )
Foto : Daun Putat Sambal Tumbuk Kacang ( Dokpri : Hana Marita Sofianti )

Daun Putat ' Planchonia Valida' Arti dan Cara Mengonsumsinya

Daun Putat ( Planchonia Valida) atau memiliki 9 / beberapa nama lain atau sinonim 4 diantaranya : Planchonia Undulata, Planchonia Elliptica, Gustavia Valida, Pirigara Valida, dan lain-lain.

Adalah daun yang dapat dikonsumsi atau dimakan secara mentah atau tidak termasuk dalam suku Lecythidaceae ( semacam nama jenis pohon kayu yang ada di Indonesia) dengan ketinggian rata-rata 500-1000 meter di atas laut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan