Mohon tunggu...
Hana Kudus
Hana Kudus Mohon Tunggu... kepo

mengalir saja

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Darusan Umum dan Pitulasan Masjid Al-Aqsha Menara Kudus di Bulan Ramadhan

17 Juni 2019   22:04 Diperbarui: 17 Juni 2019   22:08 0 1 1 Mohon Tunggu...
Darusan Umum dan Pitulasan Masjid Al-Aqsha Menara Kudus di Bulan Ramadhan
Foto Pribadi

Acara ini adalah untuk meyemarakkankan atau memeriahkan malam-malam pada bulan suci Ramadhan dengan kegiatan keaagamaan dan selain itu  untuk mendorong secara aktif peningkatan kemampuan baca terhadap ayat-ayat suci Al-Qur'an agar lebih baik dan mbenar sesuai tuntunan ilmu tajwid dan juga untuk mendiskusikan bersama isi kandungan Al-Quran.

Acara ini dimulai tanggal 3-27 Ramadhan atau bertepatan 7-31 Mei 2019 M dan dilaksanakan pada malam hari. Acara ini bertempat di Gedung Menara Kudus di Desa Kauman Kec. Kota Kab.Kudus, dan acara ini di hadiri Ratusan orang dari segala Penjuru kota kudus dan luar kota.

 Acara  ini di desain di mulai dengan darusan Al-Quran atau mengaji Al=Qur'an yang dibaca oleh 4 (empat) remaja yang telah di pilih oleh panitia dan membaca hingga khatam sedangnkan para hadirin yang hadir mendengarkan bacaan fasih dan tartil lantunan ayat-ayat suci Al-Quran sambil menyimak bacaan tersebut pada mushaf yang dihadapinya. Dan di dalam pengajian dibagi dalam dua bentuk :

1. Mauidhoh khasanah oleh seorang Muballigh atau kyai berasal dari dalam atau luar kota dan dari hari pertama sampai hari terakhir berganti-ganti Muballigh atau kyai nya.

2. Pengajian dialogis dengan tema puasa dan zakat dengan cara penyampaian salah seorang dari nara sumber mempresentasikan secara singkat tema-tema ayat-ayat terseebut  lalu di lanjut dialog interaktif atau tanya jawab dari para hadirin dengan nara sumber. Dan pada  malam terkahir dari Acara ini diterbitkan dalam bentuk buku kecil berisi hasil tanya jawab tersebut.

            Nara sumber atau muballigh dari dalam kota Kudus seperti K.H. Noor Halim Ma'ruf , K.H M.Yusrul Hana dan K.H. Ahmad Sugiarto sedangkan dari luar kota Kudus seperti Habib Umar Muthohar, K.H. Mustofa Bisri Rembang dan Gus Muwaaffiq Yogyakarta. Sedangkan Nara sumber pengajian Dialogis yaitu : K.H. M.Ulil Albab Arwani, K.H Hasan Fauzi, K.H. M Arifin Fanani dan K.H. Nadjib Hassan.