Mohon tunggu...
Hana HasnaAzizah
Hana HasnaAzizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang memiliki hobi membaca, menyanyi, dan senang dengan pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Tematik UPI 2022: Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah untuk Mewujudkan Desa Sehat dan Sejahtera

9 Agustus 2022   22:17 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:19 113 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1 Sosialisasi G2PR dokpri

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu  bentuk kegiatan dimana mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi salah satu universitas yang melaksanakan KKN pada semester genap tahun 2021/2022 dengan mengikutsertakan mahasiswanya sebanyak 7.089 orang . KKN pada tahun ini mengambil tema “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan Rekognisi MBKM-Puspresnas Kemdikbudristek”.

Sustainable Development Goals (SDG’s) adalah program pembangunan yang berkelanjutan. Pemberdayaan masyarakat berbasis SDG’s merupakan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan untuk mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa sehat dan Sejahtera, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Mahasiswa kelompok KKN 172 dengan jumlah mahasiswa 32 orang melakukan perberdayaan masyarakat berbasis SDG’s dengan memilih tema Desa sehat dan sejahtera. Fokus dari pemilihan tema tersebut adalah diselenggarakannya program Gerakan Pemanfaatan Pekarangan Rumah (G2PR) untuk menjadi lahan produktif. Program ini dilaksanakan pada hari Senin (25/07/2022) di lingkungan RW 14 Kelurahan GunungTandala Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya.

Tema Desa sehat dan sejahtera serta pemilihan program gerakan pemanfaatan pekarangan rumah (G2PR)  menjadi lahan produktif di pilih karena melihat kondisi lingkungan di RW 14. 

Berdasarkan wawancara bersama Bapak dan Ibu RW didapatkan informasi bahwa di RW 14 setiap rumah warga memiliki pekarangan rumah tetapi baru sebagian rumah yang dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan baik dan ketika dikunjungi ke beberapa rumah warga ternyata kurangnya motivasi dan keahlian dalam bertanam menjadi beberapa kendala yang akhirnya menyebabkan sebagian masyarakat belum memanfaatkan lahan di pekarangan rumahnya. 

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa kelompok KKN 172 mengadakan program gerakan pemanfaatan pekarangan rumah (G2PR) menjadi lahan produktif.

Rangkaian program gerakan pemanfaatan pekarangan rumah (GP2R) menjadi lahan produktif yaitu melakukan sosialisasi dan praktik menanam bunga Telang. 

Kegiatan sosialisasi dilakukan sebagai pengenalan dan penyampaian informasi terkait pemanfaatan pekarangan rumah menjadi lahan produktif, menyampaikan manfaatnya, tujuan,  jenis tanaman yang dapat ditanam, cara merawat, dan lainnya. 

Dalam sosialisasi ini mahasiswa pun mengajak masyarakat untuk semangat menanam untuk mewujudkan lahan yang produktif. Mahasiswa KKN juga menyampaikan informasi bahwa salah satu jenis tanaman yang dapat ditanam dengan mudah dipekarangan rumah adalah bunga telang.

Gambar 2 Gerakan Menanam Tanaman Bunga Telang Bersama Masyarakat dokpri
Gambar 2 Gerakan Menanam Tanaman Bunga Telang Bersama Masyarakat dokpri

Bunga telang merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah dipekarangan. Bunga telang menghasilkan banyak bunga yang dapat dimanfaatkan sebagai obat diantaranya mencegah kanker, menurunkan gula darah, menjaga saluran pencernaan, dll. Selain itu, bunga telang juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. 

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan adalah praktik mananam bunga telang. Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 172 juga memberikan beberapa polybag dan pupuk kepada setiap warga sebagai modal awal dan penyemangat untuk memulai memanfaatkan pekarangan rumahnya menjadi lahan produktif.

Gambar 3 Membagikan Polybag dan Pupuk  dokpri
Gambar 3 Membagikan Polybag dan Pupuk  dokpri

Gambar 4 Masyarakat RW 14 bersama Mahasiswa KKN-T Kelompok 172 dokpri
Gambar 4 Masyarakat RW 14 bersama Mahasiswa KKN-T Kelompok 172 dokpri

Pelaksanaan program GP2R ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan kesadaran bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya menjadi lahan produktif karena  lahan produktif dapat menjadi  sumber pangan ketika ditanam jenis tanaman yang dapat dikonsumsi, apotik hidup ketika ditanami berbagai jenis tanaman obat-obatan, keindahan jika dirawat dan ditata dengan baik, bahkan dapat menjadi sumber pendapatan jika tanaman yang ditanam tumbuh dengan subur. 

Berbagai manfaat ini lah yang diharapkan dapat mewujudkan desa sehat dan sejahtera.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan