Mohon tunggu...
Hanafi Izhar
Hanafi Izhar Mohon Tunggu... Lainnya - Penuntut Ilmu hingga akhir hayat

Senang ngopi dan berdiskusi.

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Analisa Buntu

15 April 2022   05:26 Diperbarui: 15 April 2022   06:02 724
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

hello gaeys.. its been while since my last article !

so, gua hari ini mau cerita dan bahas sedikit tentang apa yang gua alami belakangan ini..

mungkin cerita ini dapat dimulai dari beberapa pertanyaan, yang gua yakin sebagian besar kalian pasti mengalami hal tersebut ?

...

pernah gak kalian susah tidur ? pernah gak kalian bingung mau ngapain? dan pernah gak kalian merasa stres dadakan?

...

oke untuk pembahasan akan kita mulai dari susah tidur, gua pernah baca kalo, semakin pintar seseorang maka semakin berantakan jam tidurnya, dan ini pernah gua bahas di artikel sebelumnya. Sekarang gua sadar kalo statement ini gak sepenuhnya bener. Gua belajar.  dari jam tidur yang berantakan justru ngebuat hidup kita semakin berantakan. Memang ada sih keuntungannya, tapi gak sebanding dengan kerugian yang lu dapati! gak sebanding! (sengaja gua ulang untuk penegasan) .

Gua bakal bahas ini dari dua sisi, pertama sisi fisik. Orang yang tidur berantakan sudah pasti akan mudah terkena penyakit, gua ibaratkan laptop yang dipakai siang malem tanpa istirahat, tentu akan mudah panas, baterai soak, dan paling berbahaya mati total. Begitu juga badan kita yang memiliki haknya untuk mendapat istirahat. Jika dipakai secara berlebihan (overused) tentu akan menjadi bumerang bagi diri kita sendiri, lu bakal mudah sakit, lemah, ngantukan dan ini tentunya akan mempengaruhi keseharian lu dan produktifitas lu. Apalagi akhir-akhir ini gua liat banyak orang meninggal gara-gara begadang , dan ini buat gua makin aware walaupun sampai sekarang gua masih suka begadang.

 Kemudian dari sisi psikis, kita balik lagi ke analogi laptop overused, Begadang buat lu mikirin hal-hal yang harusnya gak perlu lu pikirin. Gua pribadi kalo udah gak bisa tidur gua suka tuh untuk mikirin gimana kondisi gua dimasa depan, apa yang mesti gua lakukan , hal - hal apa aja yang mesti gua raih, Baik sih! tapi itu cuman mimpi aja...karena dengan lu begadang, lu gak dapat apa-apa paginya. dan akhirnya malah jadi beban pikiran lu! yang paling parahnya kalo lu udah kejebak tuh yang namanya lingkaran setan, dimana lu berpikir maju namun tak disertai aksi . Akhirnya pikiran lu muter - muter dan balik lagi , lu akan mulai nanyain diri lu. Lu mampu kagak? lu bisa gak? lu udah ngelakuin apa aja? and more and more till that questions become burden of your mind . Lalu akhirnya lu mulai mudah marah, mudah tersinggung bahkan mudah sedih tanpa sebab

Kemudian skenario paling buruk yang mungkin terjadi adalah fisik yang lelah, dan psikis yang kacau ngebuat lu untuk mencari-cari jalan keluar dari masalah itu. Dan lucunya lu akan coba untuk kaji diri lu dengan keadaan yang mana diri lu pun tau kalo lu lagi "buntu". And it will repeating over and over until you became deppression. Emosi lu udah terkuras, tenaga lu udah habis dan lu mulai berpikir lu udah gak ada gunanya lagi and then something broke and you realised you doesnt want to live anymore. and finally lu bakal jadi Laptop yang gua analogikan tadi.

Its kinda funny i guess, but it really happened to me and most of you.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun