Mohon tunggu...
Hitakirana Rani Rahawian
Hitakirana Rani Rahawian Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN Undip Temukan Hand Sanitizer Dengan Aroma Wangi Semerbak, Kuman Auto Insecure!

16 Agustus 2020   20:01 Diperbarui: 16 Agustus 2020   19:59 25 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Temukan Hand Sanitizer Dengan Aroma Wangi Semerbak, Kuman Auto Insecure!
Pembagian hand sanitizer gratis kepada masyarakat sekita

Semarang (8/ 8) -- Tangan merupakan bagian tubuh yang sangat rentan menjadi tempat bersarangnya kuman. Kuman dapat kita temui di mana saja dan bisa menyebar kapan saja. Cara penyebarannya-pun bisa bermacam-macam, salah satu caranya adalah melalui kontak tangan. Setiap hari, tanpa kita sadari kita menyentuh berbagai tempat bersarangnya kuman. Saat melakukan berbagai aktivitas, secara sadar maupun tidak sadar tangan sering kali menyentuh hal-hal yang dapat menyebabkan kontaminasi misalnya berjabat tangan, membuka pintu, menutup mulut ketika bersin dan lain sebagainya.

Apabila setelah itu kita menyentuh hidung atau mulut kita sendiri, pada saat itulah kuman bisa masuk ke tubuh kita. Saat kita sedang bepergian dan kesulitan mencari tempat untuk mencuci tangan, kita dapat menggunakan Hand Sanitizer untuk membersihkan tangan kita dari kuman dan kotoran. Untuk mencegah penularan kuman, kita juga harus selalu menjaga kebersihan tubuh kita. Misalnya mandi dengan air bersih, memakai masker, serta rajin mencuci tangan dengan sabun terutama setelah bepergian dan sebelum makan.  

Dengan situasi seperti saat ini mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro turut andil dan mencoba membuat Hand Sanitizer sesuai dengan formula dari WHO dengan bahan-bahan yang aman dengan memberikan tambahan wewangian yang harum dan juga menyegarkan seperti lavender, aloe vera, lemon dan lain sebagainya yang hasilnya akan langsung dibagikan kepada masyarakat sekitar. 

Selama melaksanakan kegiatan ini, keberjalanan kegiatan juga diabadikan dengan merekam video yang bertujuan untuk sarana informasi dan edukasi bagi masyarakat agar dapat membuat Hand Sanitizer sendiri dan memungkinkan juga untuk kedepannya dapat meningkatkan kreativitas dalam bidang kewirausahaan serta mengisi waktu luang dengan kegiatan positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program ini. Selama pelaksanaan kegiatan ini banyak sekali respon positif dari warga yang mendapat hand sanitizer dan merasa senang dengan kegiatan bagi-bagi hand sanitizer gratis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x