Mohon tunggu...
Hana  Anisa
Hana Anisa Mohon Tunggu... Administrasi - Tenaga Pendidik - Surakarta

Tenaga Pendidik - Surakarta - tertarik pada dunia literasi, pendidikan anak, relawan.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Kemudahan Donasi dan Zakat Online di Masa Pandemi Patut Kita Syukuri

6 Mei 2021   23:31 Diperbarui: 7 Mei 2021   00:05 893
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Donasi dan Zakat online (https://baznas.go.id/)

Kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi telah menyebabkan pergeseran pada pola gaya hidup kita. Dulu sebelum kita mengandalkan teknologi, kita cenderung melakukan aktivitas serba offline. Melakukan pembelian dan pembayaran kita harus datang ke toko atau kantor. Sekarang dengan adanya teknologi aktivitas offline ini cenderung bergeser menjadi aktivitas online. Ingin membeli ini itu tinggal duduk  manis di rumah kita bisa lakukan secara online. Begitu juga dengan pembayaran, kita hanya perlu aplikasi mobile atau internet banking saja bisa membayar tagihan apa saja dan transfer ke mana saja.  

Perubahan perilaku dari konvensional ke modern tidak hanya sebatas pada kegiatan pembelian dan pembayaran saja. Saat ini  penggalangan dana untuk kegiatan sosial atau zakat juga mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan para donatur dan orang yang membayar zakat. 

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, para lembaga dan organisasi tersebut juga merasakan kemudahan untuk melakukan penggalangan dana untuk program - program sosial yang telah mereka tentukan. Keberadaan media sosial juga sangat berpengaruh pada proses kampanye kegiatan sosial. Dengan adanya berbabgai macam aplikasi yang mendukung foto, video dan tulisan, mereka lebih mudah untuk menjelaskan kepada calon donatur tentang program sosial apa saja yang sedang mereka tawarkan. 

Fitur live streaming menjadi fasilitas yang memungkinkan para pengurus lembaga dan organisasi tersebut untuk mengajak calon donatur melihat kondisi di lapangan. Melalui kegiatan live streaming ini, para donatur dapat melihat kondisi yang sebenarnya, sehingga mereka yang merasa tersentuh dan memiliki kelebihan harta diharapkan akan memberikan donasi untuk kegiatan sosial itu. 

Lembaga Amil Zakat dan lembaga kemanusiaan lainnya telah menggandeng perbankan dan bekerjasama dengan berbagai macam platform pembayaran untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para donatur.

Aku ingin berbagi cerita. Sekarang ini aku juga menggunakan mobile banking salah satu perbankan. Setiap kali aku telah selesai melakukan transaksi, selalu muncul tawaran dari aplikasi tersebut "apakah kamu ingin berinfaq?" dengan memberikan list besaran nominal yang bisa aku pilih sendiri. Jika aku berkenan, aku tinggal meng-klik nominal yang aku inginkan. Dalam hitungan detik, aku sudah menerima laporan transaksi pembayaran infaq telah berhasil.

INFAQ WAKAF SEDEKAH ZAKAT VIA MOBILE BANKING

dok.pribadi
dok.pribadi

dok.pribadi
dok.pribadi

dok.pribadi
dok.pribadi

Mobile banking yang aku miliki memilki fitur yang bernama "berbagi-ziswaf". Ketika aku klik itu maka akan keluar pilihan donasi yang bisa aku pilih. Banyak pilihan donasi yang ditawarkan. Ada untuk infaq, zakat, wakaf, program untuk anak yatim, sedekah qur'an braille dan lain sebagainya. Aku menaruh kepercayaan atas program sosial yang ditawarkan pada mobile banking yang aku gunakan. Alasannya adalah perusahaan perbankan yang penuh dengan regulasi pasti telah melakukan screening dan berbagai macam hal sebelum kerjasama dengan lembaga sosial tersebut ditanda tangani. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun