Mohon tunggu...
Hafidzoh nabilah
Hafidzoh nabilah Mohon Tunggu... Mahasiswi

P.IPS UIN Maliki

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen | Kemarin

30 November 2019   13:02 Diperbarui: 30 November 2019   13:11 11 1 0 Mohon Tunggu...

Kemarin, aku adalah anak yang tidak percaya diri dg tekat yang aku kerahkan. Aku mencoba apapun jalur masuk perguruan tinggi negeri yang sebenarnya kembali lagi bahwa aku tidak percaya diri. Aku adalah orang yangsering gagal dalam tes atau perlombaan. Dulu di sekolah dasar aku sudah pernah gagal. Orangtua mendaftarkan aku di sekolah dasar yang memiliki kualitas bagus. Otomatis setiap anak yang mendaftar diharuskan melalui tes tapi aku gagal.

Setelah lulus sekolah dasar aku direkomendasikan oleh orangtua untuk mendaftarkan diri di SMP Negeri. Tapi, akugagal dalam tes. Tidak sampai  disirtu aku juga mendaftar ke SMA Negeri setelah lulus SMP. Namun, aku terus gagal. Hal yang sama juga terjadi setiap ada lombva. Ada suatu bakat yang sebenarnya menurutkuaku tidak dapat melakukannya dengan baikseperti yang lainnya. Akan tetapi, orangua terus mendukungku agar terus optimis mengasah suatu bakat yang akumiliki.

Setelah lulus SMA ketidakpercayaan diriku meningkat sejak aku mengalami kegagalan dalam kompetisi dan masuk dikelas terendah jurusanku. Aku memahami bagaimana aku dan selalu menceritakan apapun yang kualami pada orangtuaku. Sebelum lulus SMA terdapat jalur undangan namun aku gagal lolos.

Aku juga ikut SPAN PTKIN dtapi aku gagal. Aku masih ingin berusaha lagi dengan dorongan dari orangtuakuaku mendaftar kedua UTBK. Aku juga ikut dalam tes UMPTKIN  di UINSA. Namun, sekali lagi aku gagal.

Jelang pengumunan SBMPTN yang aku khawatirkan adalah setiap melihat teman -- temanku yang sudah mulai masuk kuliah di perguruan tinggi swasta. Aku bertanya pada orangtuaku bahwa bagaiman jika aku tidak lolos SBMPTN? Bagaimana  jika aku tidak dapat sekolah? Apa tidak sebaiknya aku mendaftar atau hanya mengambil formulir pendaftaran saja dulu? Akan tetapi orangtua selalu menyemangati agar aku bersabar menunggu pengumuman SBMPTN.

Kini aku yang tidak percaya diri semalkin tidak percaya diri setelah masuk di perguruan tinggi UIN Malang. Aku tidak pernah berfikir bahwa aku akan masuk UIN dan aku akan menghadapi semua pelajaran yang dilakukan penuh dalam sehari mulai bahsa arab, bahasa inggris, kegiatan tali, dan lainnya.

Terutama aku jauh dari keluarga dan inilah pertamakalinya aku tinggal bersama orang lain dalam waktu yang lumayan lama. Dengan segala rintangan vkucoba bertahan sedikit demi sekit dan kedepannya aku akan belajar sungguh sungguh untuk menghilangkan ketidakpercayaan diriku untuk menjadi orang yang percaya diri tanpa menyertakan kesombongan dan dapat membagi segala ilmuku pada orang lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x