Mohon tunggu...
Hamzun
Hamzun Mohon Tunggu... Penulis - Memuat Seputar Karya Tulisan, Catatan Harian, Media Berita dan Informasi

📝Literature Enthusiasts 🖌Kaligrafi 📝Kreator Media 🖌Jurnalisme YouTube, click link below ⤵️ youtu.be/hNI4KXdnNFM

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Penyebab Terjadinya Writer Block

21 Mei 2022   12:37 Diperbarui: 21 Mei 2022   12:43 45 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pernah tidak kalian mengalami kendala ketika menulis, sering stuck dalam membuat tulisan, bingung dan juga ragu dalam menentukan konten dan jenis karya yang ingin dimuat di Media Sosial. 

Nah hal ini biasanya terjadi akibat adanya Writer Block. Writer Block merupakan sebuah kegiatan kepenulisan yang mengalami kendala dalam dalam kepenulisan ditandain dengan berhentinya tulisan atau karya yang akan di muat, ini merupakan permasalahan dan kendala dasar yang biasanya dialami oleh penulis.

Tahukah kalian ada beberapa penyebab terjadinya Writer Block yang umum dialami oleh sebagian penulis, berikut diantaranya:

1. Terlalu menkritik diri terlalu keras (Life Critical).

dalam kegiatan kepenulisan kita sering kali menekan dan menkritik diri sendiri terlalu keras, mengakibatkan terjadinya stress dan juga kurangnya fokus dalam membuat sebuah karya tulis, atau ketika sudah berjalan membuat tulisan kita cenderung malah dan mudah lelah akibat terlalu mengkritik dan menekan diri terlalu keras, inilah yang menjadi pemicu awal terjadi writer block

2. Sering membandingkan Tulisan sendiri dengan orang lain.

Pemicu selanjutnya terjadinya writer block adalah kita terlalu sering membandingkan karya hasil diri kita dengan karya hasi orang lain, ini pemicu munculnya kurang pd atau kurang percaya diri. sehingga diri kita menjadi malas dan juga motivasi dalam membuat karya tulisan.

3. Kurangnya dorongan dan motivasi Eksternal

tidak bisa kita pungkiri bahwa salah satu penyebab semangat dan motivasi kita dalam membuat karya baik tulisan ataupun karya lannya adalah bentuk movitasi dan dorongan dari orang lain, biasanya berbentuk apresiasi, motivasi, dukungan ataupun reward. ini menjadi pemicu kita dalam menulis, tapi apa jadinya kalau kita kurang mendapatkan hal tersebut dari luar, tentu kita akan mengalami kurangnya semangat dalam menulis. 

4. Kurangnya Motivasi dari dalam diri

Selanjutnya yang menjadi faktor penyebab terjadinya Writer Block adalah kurangnya motivasi dan dorongan dari dalam diri, walau dianggap sepele tapi ini adalah faktor fundamental dari semua penyebab yang ada. karena sebesar apapun motivasi dan juga penyebab yang ada jika diri sendiri kurang merespon baik dirinya semuanya dianggap sia-sia. banyak cara yang bisa dilakuka untuk merespon dan memotivasi diri sendiri, salah satunya kita bisa memberi waktu untuk diri kita dalam melakukan hal-hal yang menyenangkan, atau orang zaman sekarang menyebutnya Me-Time, ini merupakan salah satu cara untuk memunculkan semangat dalam diri, selain itu kita juga buisa memberi reward untuk diri sendiri dengan memberi sesuatu target dan barang yang sangat kita sukai apabila selesai mencapai target tulisan atau karya yang harus di tulis, ini juga salah satu cara dalam merespon dan mengapresiasi diri sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan