Mohon tunggu...
hamka kadir
hamka kadir Mohon Tunggu... Penulis

Siapa Hamka Kadir? Seorang pegiat sosial media dengan akun Aditya Mahya dan Inspiration Indonesian Culture. Silahkan follow, dan salam Inspiration.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Wajah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Dipoles dengan Model Kupu-kupu

7 September 2020   10:25 Diperbarui: 7 September 2020   10:44 99 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wajah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Dipoles dengan Model Kupu-kupu
bandara-makassar-5f55ae5dd541df07f22a7463.jpg

Setelah bandara udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar mengalami overload kapasitas, dimana jumlah penumpang tidak mampu lagi mengimbangi laju layanan peberbangan yang terus meningkat bahkan berkali-kali lipat. Akhirnya PT Angkasa Pura I menunjuk PT Wijaya Karya Tbk untuk menyelesaiakn megah proyek bergaya modern yang renovasinya ditargetkan rampung pada April 2021 mendatang.

 Pembangunan bandara ditanah air tidak terlepas dari strategi Bapak Presiden Jokowi terus mempercantik bandara-bandara di seluruh Indonesia untuk sebuah kharisma dan jati diri bangsa agar agar bangsa lain tak memandang INDONESIA dengan sebelah mata.

 Dan sebentar lagi Indonesia timur akan memiliki bandara yang megah. Bandara Sultan Hasanuddin hingga saat ini terus dipercantik dan tak kalah cantiknya dengan bandara-bandara yang ada didunia. jika suatu saat anda mampir dan berkunjung ke Kota Makassar anda akan kagum dan terpesona, dimana pengembangan dan perluasan terminal penumpang domestik yang sudah ada (existing) ke sisi selatan, gedung parkir, dan akses jalan utama menuju terminal akan tampil lebih mempesona.

 Dan paket kedua, pembangunan apron selatan dan apron timur beserta infrastruktur penunjang lainnya dengan menggunakan skenario lumion dan didesain khusus menyerupai bentuk kupu-kupu raksasa. Wajah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tidak terlepas dari nilai-nilai sejarah dan budaya Sulawesi Selatan yang terinspirasi dari Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, yang sangat dikenal sebagai kerajaan kupu-kupu terbesar di dunia.

 Begitu halnya wajah terminal bandara yang existing pun menyerupai Tongkonan, atau bentuk rumah adat Sulawesi Selatan yang akan diperluas menjadi 144.480 meter persegi dari luas saat sebelumnya hanya 51.815 meter persegi. Sehingga dari sisi kapasitas penumpang juga akan meningkat menjadi 15,5 juta penumpang pertahun, yang sebelumnya hanya 7 juta penumpang pertahun.***

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x