Mohon tunggu...
Hamisah Rozanah
Hamisah Rozanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Menyukai kuliner & travelling

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menjelajahi Keindahan Danau Kaolin Belitung

10 Mei 2024   10:48 Diperbarui: 10 Mei 2024   10:51 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar dari penulis

Indonesia memiliki 38 provisi dengan banyak keberagaman suku, agama budaya, serta wisata alam yang dimiliki oleh setiap wilayah di Indonesia, hal ini membuat setiap daerah provinsi di Indonesia mempunyai keindahan serta keunikannya tersendiri. Dan kali ini kita akan mengulik keindahan alam yang dimiliki oleh salah satu wilayah provinsi di Indonesia yaitu Bangka Belitung, lebih tepatnya di Belitung, Tanjung Pandan. 

Ternyata di Belitung selain memiliki keindahan pantainya yang sudah jelas diakui oleh dunia, Negri Laskar Pelangi ini juga memiliki banyak keindahan alam lain yang tersembunyi dan tidak kalah menakjubkan dengan wisata pantainya salah satunya wisata Danau Kaolin yang terletak di desa Aik Raya. 

Danau kaolin atau kerap disebut danau biru oleh masyarakat setempat, merupakan galian tambang kaolin yang sudah lama beroperasi, yakni sejak tahun 1990-an, meski danau ini merupakan galian kaolin, tapi danau tersebut tersebut tampak terlihat alami dengan warna biru yang dimilikinya. Danau ini menjadi objek wisata yang tidak disengaja, pasalnya. Selain tambang menyebabkan eksplirasi, tambang juga menyebabkan eksploitasi yg cenderung merusak dan mencemarkan lingkungan, terutama penurunan kualitas air sungai khususnya di sekitar wilayah danau, tapi justru danau biru terbentuk karena kerusakan tersebut.

Letak dari danau kaolin cukup strategis lantaran letaknya yang sejalan dari arah bandara ke pusat kota membuat danau ini menjadi salah satu destinasi wajib dan sering dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan yang baru saja tiba di Belitung. Suasana di sekitar danau biru inipun masih cukup asri, sehingga dapat memanjakan mata yang suntuk dengan hiruk pikuknya perkotaan, ditambah warna dari danau nya sendiri yang sangat cantik ketika terkena terik matahari, bagai melihat hamparan langit dipermukaan, belum lagi pasir putih di bibir danau, yang berkilau, sungguh tempat yang tidak heran jika dirindukan. 

Kemudian jika kita melihat sebrang jalan danau tersebut, terdapat gundukan pasir yang terlihat seperti gunung salju, menjadikannya spot foto wajib bari para wisatawan yang berkunjung kesana.

sumber gambar dari penulis
sumber gambar dari penulis

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun