Mohon tunggu...
Hamim Maftuh Elmy
Hamim Maftuh Elmy Mohon Tunggu... Mahasiswa Ma'had Aly Situbondo

Penikmat Kopi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Mengenal Tiga Filsuf Yunani dan Pengaruhnya Terhadap Ilmu Filsafat dalam Dunia Islam

14 Januari 2021   19:18 Diperbarui: 15 Januari 2021   02:27 159 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Tiga Filsuf Yunani dan Pengaruhnya Terhadap Ilmu Filsafat dalam Dunia Islam
pra-socrates-60009b068ede4817f32a0fd2.jpg

Al-Ghazali dalam kitab al-Munqidz Min adh-Dhalal menyebut bahwa salah satu aliran dalam filsafat adalah "Ilahiyyun" (Theis). Aliran filsafat "Ilahiyun" ini, oleh al-Ghazali, dianggap nyaris sama dengan Islam karena mereka mempercayai adanya pencipta alam raya ini. Meskipun dalam istilah mereka adalah al-Muharrik (Dzat Yang Menggerakkan) atau Musabbib al-Asbab (Prima Causa).

Tokoh yang memelopori aliran ini adalah Sokrates. Kemudian muridnya yang bernama Plato. Dan kemudian dilanjutkan oleh murid dari Plato yaitu bernama Aristoteles. Mereka semua adalah filsuf dari Yunani.

Tulisan ini akan mencoba mengajak pembaca untuk berkenalan dengan tiga tokoh filsuf raksasa yang gagasan-gagasan filsafatnya banyak dikembangkan dan mempengaruhi perkembangan aktivitas keilmuan filsafat dalam dunia Islam.

Biografi Singkat Sokrates

Filsuf Yunani, termasuk filsuf agung dalam sejarah. Ia lahir pada tahun 469/470 SM di Athena. Masa-masa belajarnya dihabiskan di kota kelahirannya ini.

Ia dikenal sebagai sang revolusioner filsafat dengan gaya dan pemikirannya. Betapa tidak, ia menjadikan fokus filsafat sebagai pengetahuan manusia itu sendiri. Ia juga mempelajari tindakan-tindakan manusia dan hukum-hukum yang mendorongnya. Sebab inilah ia kemudian meletakkan dasar-dasar ilmu etika. Ia mencurahkan pemikirannya terhadap objek alam semesta dan perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia.

Pemikiran ini dianggap sebagai titik penting dalam filsafat manusia sehingga menyebabkan beberapa sejarawan membagi filsafat menjadi dua bagian: filsafat Pra-Socratik dan filsafat sesudahnya.

Namun, di masanya, Sokrates dihukum mati gara-gara dianggap telah mempengaruhi pemikiran anak-anak muda Athena dengan ajarannya yang berimplikasi pada merusak kepercayaan umum di Athena.

Sebelum dieksekusi, Sokrates diberi dua opsi: hukum mati dengan minum racun atau menghentikan ajaran filsafatnya. Namun Sokrates memilih opsi pertama. Ia meninggal di Athena pada tahun 399 SM di usia sekitar 71 tahun.

Biografi Singkat Plato

Filsuf Yunani, ia termasuk pembesar filsuf klasik yang tak tertandingi di masanya. Pemikirannya merupakan percikan pertama yang menyulut semua masalah dan gagasan filsafat di dunia Barat hingga hari ini. Ide-idenya menjadi benih kemunculan ilmu psikologi, logika dan politik. Gagasannya memberikan pengaruh yang mendalam pada sejarah keilmuan di berbagai masa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x