Mohon tunggu...
Abdul Hamid Al mansury
Abdul Hamid Al mansury Mohon Tunggu... Ilmuwan - Apa aja ditulis

Santri Darul Ulum Banyuanyar Alumni IAI Tazkia Wasekum HAL BPL PB HMI 2018-2020 Ketua Bidang PA HMI Cabang Bogor 2017-2018

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mewujudkan Pemikiran Nurcholish Madjid

18 Oktober 2018   21:18 Diperbarui: 19 Oktober 2018   17:10 800
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tiga belas tahun (29 Agustus 2005-2018) seorang tokoh yang sangat berpengaruh di Indonesia meninggalka kita semua untuk selamanya. Tokoh tersebut adalah Cak Nur, sapaan akrab almahum Prof. Dr. Nurcholish Madjid pada masa kecilnya bercita-cita ingin menjadi masinis. Namun, sejarah mencatatnya 'masinis' pembawa 'lokomotif' perubahan bagi rakyat Indonesia utamanya umat Islam dalam pembaharuan pemikiran Islam.

Karier intelektualnya, sebagai pembaharu pemikiran Islam, dimulai pada masa di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sekarang dikenal dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, khususnya ketika menjadi Ketua Umum PB HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), sepanjang sejarah perjuangan HMI hanya Cak Nur yang menjabat sebagai ketua umum selama dua periode, yang dianggapnya sebagai "kecelakaan sejarah" pada 1966-1968 dan 1969- 1971. 

Selama menjabat Ketua Umum PB HMI 1969, ia menulis sebuah buku saku kecil HMI, yang disebut Nilai-Nilai Dasar Perjuangan (NDP) yang sampai sekarang masih dipakai sebagai buku dasar keislaman HMI, utamanya dalam setiap pertrainingan HMI dari basic training (Latihan Kader I), intermediate training (LK II) hingga advance training (LK III).

Saya mengenal Cak Nur sejak saya menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Darul Banyuanyar Pamekasan (2006-2012). Perkenalanku dengan Cak Nur dimulai dari telinga ke telinga antar santri dengan konotasi negatif, misalnya menyebut Cak Nur adalah orang sesat, sekular, liberal dan bahkan -- maaf -- beliau disebut kafir, proses perkenalan itu pun berlanjut kegemaranku dalam membaca buku, celakanya salah satu buku yang tersedia di toko buku pesantren adalah buku biografi orang-orang (yang dianggap) sesat, yang tampak jelas di sampul tersebut adalah wajah Cak Nur. Namun, saya tidak membeli apalagi membacanya.

Selang satu tahun lulus dari pesantren, saya melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta (STEI Tazkia Bogor). Keinginan kuat untuk berorganisasi tidak dapat menghalangiku, HMI adalah organisasi yang saya pilih. 

Sebagai organisasi kader, setiap mahasiswa Islam yang ingin menjadi anggota HMI wajib mengikuti LK I, disinilah saya dipertemukan dengan seorang senior yang menganjurkan saya untuk membaca buku karya-karya Cak Nur. Saya hanya mampu bergumam dalam hati "kenapa yang dulu saya benci karena konotasi negatifnya waktu di pesantren malah di suruh membaca karya-karyanya".

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan "cinta dan bencilah sewajarnya, kerena apa yang kau cintai suatu saat engkau akan membencinya, begitupun sebaliknya". 

Kira-kira seperti itulah pengalamanku mengenal Cak Nur yang akhirnya saya sangat menyukai Cak Nur melalui karya-karyanya yang memenuhi rak bukuku. Karya-karya beliau sungguh luar bisa dan masih relevan untuk dibaca dengan kondisi keislaman dan keindonesiaan saat ini.

Sebagai tokoh pembaharuan pemikiran Islam, beliau sangat produktif dalam karya pemikirannya. NDP yang mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan cendekiawan Muslim saat itu, kemudian berlanjut pada sebuah buku Keislaman, Kemodernan dan Keindonesiaan yang isinya adalah berbagai tulisan artikel Cak Nur yang salah satu artikelnya membuat penilaian sebagian kalangan berubah. 

Pemicunya adalah pidato Cak Nur yang berjudul "Keharusan Pembaruan Pemikiran Islam dan Masalah Integrasi Umat" yang disampaikan dalam sebuah pertemuan di Taman Ismail Marzuki sekitar awal tahun 70-an. 

Dalam pidato ini meski tetap menolak sekularisme, Cak Nur menganjurkan "sekularisasi" atau pembebasan terhadap pandangan-pandangan keliru yang telah mapan karena kaum Muslimin Indonesia pada saat itu telah mengalami kejumudan kembali dalam pemikiran dan pengembangan ajaran-ajaran Islam, dan kehilangan psychological striking force dalam perjuangannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun