Mohon tunggu...
Hamid Anwar
Hamid Anwar Mohon Tunggu... Administrasi - PNS Kelurahan

Pegawai kantor yang santai, sambil mengelola blog pribadi http://hamidanwar.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Soal Kerancuan Istilah 'Polresta'

7 Oktober 2022   10:44 Diperbarui: 7 Oktober 2022   11:11 152 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Polresta Sleman, inilahjogja.com

Beberapa waktu lalu, dalam sebuah perjalanan ke Yogyakarta saya melintas di depan Kantor Polres Sleman. Saya terkejut karena mendapati bahwa papan nama yang tertulis bukan lagi Polres Sleman namun POLRESTA Sleman yang jika diartikan menjadi Polres Kota Sleman. Padahal Sleman kan Kabupaten ya.

Saya jadi ingat beberapa kasus ke belakang di mana beberapa Polres yang membawahi wilayah Kabupaten bukan Kota, disebut dengan Polresta seperti Polresta Cirebon dan Polresta Banyuwangi yang membawahi wilayah Kabupaten masing-masing. Sampai sini, kerancuan dalam pikiran saya dimulai. Mengapa harus ada Polresta di sebuah tempat yang berada di Kabupaten.

Ingatan saya menerawang jauh sebelum tahun 2011. Saya tinggal di Magelang. Magelang sendiri memiliki dua pemerintahan yaitu Kabupaten dan Kota. Sebagai warga Kabupaten, dalam pengurusan dokumen serta pelayanan kepolisian saya harus menuju ke Polres bukan ke Polresta, yang saat itu berada di Jalan Alun-alun Selatan dan melayani masyarakat wilayah Kota Magelang.

Hingga pada akhirnya saya kurang tahu persis kapan terjadi, pada tahun 2011 ketika saya memotret kantor Polresta Magelang tersebut telah berganti nama menjadi Polres Magelang Kota. Hal ini semata-mata untuk membedakan antara Polres Kabupaten dan Polres Kota di kabupaten/kota yang kebetulan namanya sama.

Saya pun memeriksa apakah hal ini terjadi di kota lain dan ternyata memang benar, seperti Polresta Tegal berubah menjadi Polres Tegal Kota, dan Polresta Malang berubah menjadi Polres Malang Kota, sebagai contoh. Saat itu saya memaklumi demikian hingga pada akhirnya kerisauan saya berpuncak ketika mendapati kasus sebagaimana di Sleman tadi dan tambah menjadi-jadi ketika mendapati berita bahwa Polres Magelang (Kabupaten) dalam waktu dekat akan naik status menjadi Polresta Magelang. Itu artinya, istilah Polresta Magelang yang selama ini menempel di masyarakat Magelang sebagai Polresnya orang Magelang kota, namanya akan disandang oleh Polresnya masyarakat Kabupaten.

Kantor Polres(ta) Magelang di Kota Mungkid, tribun
Kantor Polres(ta) Magelang di Kota Mungkid, tribun

Usut punya usut setelah membaca beberapa referensi, tampaknya beberapa hal telah mendasari hal ini. Satu yang saya dapatkan adalah Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Polri yang ditandatangani oleh SBY. Dalam Perpres tersebut pada Pasal 3 ayat 2 disebutkan bahwa struktur Polri terdiri dari Mabes, Polda, Polres dan Polsek. Adapun pembagian tipe-tipe masing-masing tidak diatur dan hingga kemudian diatur lebih lanjut dalam Peraturan Kapolri Nomor 23 Tahun 2010.

Dalam Perkap tersebut salah satunya dijelaskan tipe tipe Polres yakni Polres Metro, Polrestabes, Polresta, dan Polres. Perbedaan masing-masing menurut beberapa referensi yang saya baca dapat dijelaskan sebagai berikut :

Polres Metro berkedudukan di wilayah Metropolitan, Polrestabes berkedudukan di Kota-kota besar seperti di Ibukota Provinsi, Polresta adalah tipe Polres di Kabupaten/Kota yang atas pertimbangan tertentu level atau tipenya lebih tinggi dari Polres biasa.

**

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan