Mohon tunggu...
Kkn UM Jabung
Kkn UM Jabung Mohon Tunggu... _Desa Jabung

Kkn UM mengabdi untuk negeri.

Selanjutnya

Tutup

Media

Pembuatan Video Profil Desa sebagai Upaya Mahasiswa KKN UM Perkenalkan Potensi Desa Jabung di Tengah Pandemi

9 Juli 2020   22:45 Diperbarui: 10 Juli 2020   16:11 29 0 0 Mohon Tunggu...

Malang - Pada tahun 2020 ini Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan KKN Reguler bertajuk COVID-19 yang dilaksanakan di desa-desa yang ada di wilayah Malang Raya. Melalui Kegiatan KKN ini, mahasiswa diharapkan tetap dapat melaksanakan pengabdian ke masyarakat tetapi tetap waspada terhadap paparan virus COVID-19.

Segala upaya telah dilakukan oleh Pemerintah untuk memutus rantai penularan virus seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB), social distancing, penggunaan masker, gerakan cuci tangan, dll. Segala kegiatan yang biasanya dilakukan secara langsung pun kini mulai beralih menggunakan digital. 

Hal ini, mendorong mahasiswa KKN UM Desa Jabung 2020 untuk mengadakan program kerja 'Pembuatan Video Profil Desa' yang bertujuan untuk memperkenalkan sejarah hingga potensi yang ada di desa Jabung kepada masyarakat luas dengan memanfaatkan teknologi digital. Video profil desa ini juga bertujuan memperkenalkan bisnis UMKM yang ada di Desa Jabung.

Pada proses pembuatannya, tim video profil Desa bekerja sama dengan perangkat desa, karang taruna, dan masyarakat sekitar Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. "Dalam pembuataan video profil desa ini kita harus melibatkan pihak desa dan karang taruna desa karena mereka pasti mengerti keadaan desa dan hal apa saja yang harus diangkat atau diperkenalkan kepada masyarakat luar" jelas Mario C. Arista selaku penanggung jawab video profil desa. 

Dalam hal ini respon dari pihak desa dan karang taruna Desa Jabung sangat baik, dimana karang taruna desa jabung membantu dalam hal pengambilan gambar video dengan meminjamkan fasilitas drone kepada tim video profil desa.

Untuk menyelesaikan video profil desa ini, mahasiswa KKN UM membutuhkan waktu sekitar 3 minggu. Video profil desa ini telah diserahkan ke perangkat desa dan dipublikasikan di platform YouTube pada Jum'at, 26 Juni 2020 dengan persetujuan Ibu Sri Handayani (Dosen Pengawas Lapangan) dan Ibu Anik Sri Hartatik (Kepala Desa Jabung).

"Terimakasih kawan-kawan mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang 2020, yang telah mengabdikan diri di desa Jabung di tengah situasi sekarang. Saya berharap dengan adanya video profil desa ini dapat mengangkat potensi-potensi yang ada di desa Jabung sehingga dikenal masyarakat luas" Ujar Ibu Anik Sri Hartatik selaku Kepala Desa Jabung.

Pewarta : Bagas Bayu Ramadhan

Pewarta Foto : Mario C. Arista

Penyunting: Diana Fatmawati

Link youtube profil desa jabung : https://youtu.be/uiJblotUGcA

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x