Mohon tunggu...
Muhammad Hamid Habibi
Muhammad Hamid Habibi Mohon Tunggu... Guru - Calon guru

Belajar lagi... Belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar mengatur waktu, belajar belajar belajar... belum terlambat untuk belajar...

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Bukan untuk Kurus, Berikut Empat Target Saya di Bulan Puasa Tahun Ini

16 Mei 2018   17:45 Diperbarui: 16 Mei 2018   17:50 744
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menahan lapar (foto dari hellosehat.com)

Puasa memang mengharuskan kita tidak makan dan minum mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Karena lamanya tak ada asupan makanan inilah banyak orang yang berharap berat badannya turun, termasuk saya. 

Anehnya hampir setiap tahun setelah bulan puasa, berat badan tak ada tanda penurunan malah cenderung merangkak naik. Hal ini mungkin disebabkan tak terkontrolnya makanan yang masuk saat buka, serta kebiasaan ngemil di malam hari.
Oleh karena itu, di tahun ini saya tidak memasukkan turunnya berat badan dalam list target selama bulan ramadhan. Nah berikut target saya di bulan suci ini:

Pertama, shalat dan puasa full alias tak ada yang bolong. Kedua ibadah ini hukumnya wajib, namun kadang kita lupa (sengaja) meninggalkannya dengan berbagai alasan yang kita buat. Oleh karena itu target pertama saya adalah bisa berpuasa dan shalat full selama bulan ramadhan ini.

Kedua, khatam membaca al-qur'an satu kali. Lagi-lagi saya membuat alasan karena sibuk dan lain-lain, dimana seringkali al-qur'an yang menjadi petunjuk hidup umat islam lupa dibaca. Tak usah muluk-muluk cukup satu kali saja khatam dengan membaca rutin setiap hari menjadi target kedua saya.

Ketiga, rutin menulis di kompasiana setiap hari. Kalau hal ini memang sudah saya inginkan sejak lama, namun ternyata tak semudah ucapan butuh konsistensi dalam melakukannya. Keinginan ini muncul karena terinspirasi mantan rektor UIN Malang yang istiqomah menulis setiap hari tanpa bolong selama lima tahun, sungguh hebat bukan? Tulisan itu terkumpul di blog pribadi Bapak Imam Suprayogo. 

Nah sekarang mumpung ada program samberthr di kompasiana selama bulan Ramadhan dan lebaran maka saya juga ingin istiqomah menulis minimal satu artikel sehari, semoga bisa berjalan lancar amin...

Keempat, buka bersama dengan Ayah, Ibu dan Nenek. Walaupun jarak tempat tinggal sekarang masihlah satu provinsi yakni sama-sama di Jawa Timur namun saya belum sempat untuk pulang ke Ponorogo. Kota Malang yang menjadi tempat singgah sementara ini memang hanya berjarak 5-6 jam saja, namun karena masih banyak urusan saya belum bisa pulang segera. Mungkin di penghujung bulan puasa saya baru bisa pulang. Oleh karenanya bisa melakukan buka bersama dengan keluarga adalah salah satu target yang harus saya lakukan.

Itulah empat hal yang menjadi target saya di bulan puasa tahun ini. Semoga ini tidak termasuk dalam riya' karena koar-koar saat mau melakukan kebaikan. Dan semoga teman-teman semua bisa melaksanakan targetnya masing-masing tanpa ada halangan yang merintang.
Terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun