Mohon tunggu...
ham ham
ham ham Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kehidupan ini luas

Selanjutnya

Tutup

Digital

Konvergensi Media dalam Game Online "PUBG"

4 Juni 2020   02:44 Diperbarui: 4 Juni 2020   02:43 20 1 0 Mohon Tunggu...

Siapa yang tak tahu Game Online. Permainan Daring adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Namun permainan online sekarang bisa kita mainkan melalui smartphone dengan mudah dan praktis. 

Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintergrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Ada beberapa poin penting, yang terdiri dari computing & information technology, communication network, dan digital content.

Player Unknown's Battleground (PUBG) adalah sebuah permainan dengan genre battle royal, dimana para pemainnya bisa bermain dengan 100 orang sekaligus secara daring/online.

PUBG Memiliki fitur dimana para pemainnya dapat berkomunikasi melalui voice call saat permainan berlangsung. Permainan PUBG termasuk dalam konvergensi media karena menggabungkan berbagai media seperti Personal Computer (PC), Smartphone, Aplikasi Online, dan jaringan internet untuk satu tujuan.

Pola Komunikasi All Channel merupakan pola komunikasi yang bersifat fleksibel. Dalam ini setiap orang memiliki kesempatan untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa ada batasan.

Saat permainan berjalan terdapat fitur untuk mengaktifkan "Voice Chat" dan ketika fitur tersebut diaktifkan maka para pemain dapat berkomunikasi secara verbal seperti halnya group voice call di aplikasi Whatsapp dan Line. 

Ilham Febri Setiahadi, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x