Mohon tunggu...
Hamdanul Fain
Hamdanul Fain Mohon Tunggu... Penulis - Antropologi dan Biologi

Membuat tulisan ringan. Orang Lombok.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Di Depan Gedung DPR

25 September 2019   10:39 Diperbarui: 25 September 2019   10:48 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: themuse.com


Berkerumun. Terheran-heran. Ini bukan demonstrasi. Hanya panggung tunggal dengan artis lulusan RSJ. Menurutnya itu Re'z'ear't' de sains and justi'z'e, namun di dalam negeri disalah artikan sebagai rumah sakit jiwa. Konon katanya.

"Barangsiapa tidak menanam tanaman minimal sepuluh bibit, kita jatuhi hukuman lima tahun penjara! " celoteh sang artis.

"Pejabat yang tanda tangan untuk tambah utang negara, jatuhi hukuman potong tangan!"

"Investasi harus dari pemodal dalam negeri. Kalau tidak, hancur digadai negeri ini!"

"Koruptor, pancung hidungnya!"

Begitulah, tanpa henti ceramah super mulia menurut dirinya sendiri dan kerumunan itu.

Sudah satu minggu ini dia mengoceh di depan gedung DPR. Sebab itu, seminggu pula ruang-ruang di dalam gedung DPR tidak berpenghuni.

Kemana mereka?

Awalnya anggota dewan yang terhormat begitu risih dengan ocehan dan penampilan bau busuk sang artis. Mendadak kunjungan kerja ke luar negeri untuk sekedar selfie dan menghamburkan uang negara. Dan lebih tepatnya, takut bin jijik kepada sang artis kita yang terhina ini.

Baru tiga atau empat hari. Anggota dewan yang terhormat malah buru-buru balik.

Apa sebab?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun