Mohon tunggu...
Hamdan FatahAli
Hamdan FatahAli Mohon Tunggu... Ahli Gizi - seorang yang memiliki growth mindset untuk masa depan yang lebih baik

Tempat untuk menuliskan isi cerita di kehiduapan nyata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Tematik Jurusan Biologi UM Melakukan Pelatihan Cara Berjualan di E-Commerce

1 Agustus 2021   18:39 Diperbarui: 1 Agustus 2021   18:39 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tematik Jurusan Biologi UM Melakukan Pelatihan Cara Berjualan di E-Commerce
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Desa pesanggrahan merupakan desa yang memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi. Desa ini terletak di Kecamatan Batu, Kota Batu. Wilayahnya yang subur di kaki gunung panderman sangat mendukung dalam usaha perkebunan ataupun pertanian. 

Salah satu dusun yang terdapat di desa pesanggrahan adalah dusun macari yang memiliki potensi tanaman herbal yang banyak dibudidayakan, baik oleh warga sekitar maupun oleh pengusaha setempat, beberapa tanaman herbal yang dapat dijumpai di dusun macari antara lain: jahe, selada air, sawi putih dan lain sebagainya. 

Selain dusun macari terdapat pula potensi lain dari desa pesanggrahan yakni produksi susu yang melimpah, hal tersebut dapat dijumpai di Dusun Toyomerto yang merupakan salah satu dusun penghasil susu terbesar di kota batu. 

Namun besarnya potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh dusun macari maupun dusun toyomerto tidak diberbanding lurus dengan pendapatan warga setempat. Rata-rata hasil susu maupun tanaman herbal di dusun tersebut hanya di setorkan kepada koprasi desa ataupun di jual secara lokal di sekitar dusun tersebut. 

Hal tersebut betambah buruk saat pandemic covid-19 terjadi, dimana masyarakat diminta untuk tetap di rumah untuk menekan persebaran virus, hal ini berakibat banyak sekali pabrik besar maupun industri rumahan yang banyak merumahkan karyawannya, sehingga mengakibatkan turunnya tingkat kesejahteraan warga akibat banyak sekali warga yang kehilangan pekerjaan.

Pada masa pandemi masyarakat cenderung untuk membeli barang secara online melalui e-commerce atau melakukan transaksi non-tunai untuk menghindari tersebarnya virus corona. 

Penggunaan e-commerce sebagai tempat berjual beli selain dapat mengurangi adanya kontak antara pembeli dengan penjual (demi menekan persebaran virus) selain itu juga dapat meningkatakan jangkauan pasar atau meningkatkan potensi pasar bagi para penjual, hal ini dikarenakan e-commerce dapat diakses melalui jaringan internet yang dapat memperantarai penjual dan pembeli meskipun mereka berada di belahan dunia yang berbeda. 

Selain itu program gratis ongkir dan juga cashback dari markerplace seperti shopee, Tokopedia, dan Lazada dapat meningkatkan pula potensi transaksi antara penjual dan pembeli. 

Namun sayangnya tidak semua kelompok usia yang berada di desa mengetahui mengenai potensi tersebut. Oleh karena itu, untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan warga yang terdampak pandemi khusunya di dusun macari, diperlukan suatu pelatihan / workshop cara berjualan di marketplace seperti shopee sehingga diharapkan dapat membantu perekonomian warga di masa pandemi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN