Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tiga Aktivitas Favorit Saya di Bulan Ramadan 2021

12 Mei 2021   13:52 Diperbarui: 12 Mei 2021   13:59 75 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Aktivitas Favorit Saya di Bulan Ramadan 2021
Ilustrasi(Webneel via KOMPAS.COM)

Tinggal hitungan jam, hari raya Idul Fitri akan tiba. Meskipun masih ada keprihatinan dalam hati setiap kita karena pandemi covid-19 belum menunjukkan titik akhir, kita harus tetap optimis dan percaya kepada-Nya bahwa akan ada saatnya kelak kondisi menjadi baik kembali.

Apa yang Anda lakukan di bulan Ramadan 2021 yang sebentar lagi berakhir?

Mudah-mudahan semua kegiatan membawa kebermanfaatan bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga buat orang lain.

Dalam hal ini, ada tiga aktivitas favorit saya di bulan Ramadan 2021 yang sudah mewarnai hari-hari yang tidak sama seperti hari-hari di bulan Ramadan sebelum covid-19 melanda. Dengan melakukan tiga aktivitas ini, saya merasakan kedamaian di pikiran dan juga mengembangkan kemampuan diri di tahun-tahun yang tak pasti.

Apa saja tiga aktivitas favorit tersebut?

1. Membaca

Ilustrasi membaca buku(KucherAV via KOMPAS.COM)
Ilustrasi membaca buku(KucherAV via KOMPAS.COM)
Membaca membuat pikiran saya tetap waras di tengah pesimisme yang menguar di dunia nyata dan maya. Membaca kitab suci tentu saja menjadi prioritas utama demi menjaga kewarasan pikiran.

Membaca ayat-ayat kitab suci yang memberikan pengharapan, khususnya di saat dini hari sangatlah menyegarkan. Iman yang layu di waktu menjelang tidur di malam sebelumnya menjadi bangkit kembali, memperoleh semangat baru untuk menjalani hari yang baru yang Tuhan sudah berikan.

Selain membaca kitab suci, saya juga membaca berbagai buku yang berwujud fisik dan digital. Untuk yang berbentuk digital, saya biasanya membaca di aplikasi iPusnas dari Perpustakaan Nasional. Sangat terbantu sekali di saat sekarang saya tidak bisa pergi mengunjungi perpustakaan di kota Samarinda untuk meminjam buku-buku fisik. Selain itu, saya juga sesekali membeli buku-buku digital lewat toko buku online seperti Gramedia.com atau lewat Google Play Books.

Daripada menonton acara-acara TV yang kebanyakan jauh dari kata edukasi dan bermanfaat, serta menghabiskan kuota internet untuk menyaksikan video-video hiburan di YouTube yang mayoritas di luar kata 'faedah', lebih baik menyediakan waktu, memanfaatkan waktu yang ada untuk membaca.

Mudah-mudahan Anda juga suka membaca seperti saya.

2. Menulis

Ilustrasi(Shutterstock via KOMPAS.COM)
Ilustrasi(Shutterstock via KOMPAS.COM)
Menulis juga merupakan aktivitas favorit yang sebenarnya sudah lama saya geluti, namun di dua tahun terakhir ini, intensitas menulis menjadi lebih banyak secara kuantitas karena waktu untuk menulis juga lebih berlimpah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN