Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

3 Sebab Utama Tak Lihai Berbahasa Inggris meskipun Sudah Ikut Kursus

11 September 2020   13:29 Diperbarui: 12 September 2020   03:00 1129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Situs Belajar Bahasa Inggris Online (Sumber: iStockphoto)

"Sama aja, Pak. Gak ada perubahan…"

Banyak dari respons orang yang les privat bahasa Inggris berkata seperti itu, entah ke saya atau ke teman-teman saya yang juga berprofesi sebagai guru bahasa Inggris dan menyambi sebagai guru les untuk mendapatkan income sampingan.

Miris mendengar pernyataan kegagalan dari peserta didik atau orangtua murid setelah memutuskan tidak melanjutkan kursus.

Menindaklanjuti akan hal itu, saya menuliskan artikel ini, supaya Anda, baik orangtua murid maupun murid, mengetahui bahwa 3 sebab utama ini yang menyebabkan kemampuan berbahasa Inggris tetap stagnan meskipun sudah ikut kursus.

Sebab Pertama - Tidak berbahasa Inggris di rumah
Inilah yang menjadi kesalahan yang sebetulnya tidak perlu terjadi kalau kebiasaan berbahasa Inggris ditanamkan.

“Lho, saya kan sudah les sama bapak. Berarti bapak kan yang harusnya bisa menjamin kesuksesan saya dalam berbahasa Inggris.”

Pernyataan seperti di atas sudah terlalu sering saya dengar, baik dari calon murid yang mau kursus atau murid yang mengundurkan diri dari kursus karena tidak puas dengan hasil belajar.

Secara pribadi, sudah sering saya ungkapkan kepada orangtua murid dan murid sebelum mereka setuju belajar dengan saya, sebelum kursus dimulai, bahwa sehebat apapun saya dalam mengajar, saya tidak bisa menjamin keberhasilan peserta didik dalam menguasai bahasa Inggris.

Kenapa tidak bisa? 

Karena banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor utama adalah pertemuan. Bagaimana bisa saya menjamin keberhasilan berbahasa Inggris peserta didik kalau pertemuan kursus hanya terjadi 2 (dua) kali dalam seminggu? Bagaimana dengan lima hari yang lain?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun