Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

3 Tips yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menghadapi "Listening Section" dalam Tes TOEFL

7 Agustus 2020   13:06 Diperbarui: 9 Agustus 2020   21:51 1140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Toefl (Sumber: shinystudent.com)

"Aku udah tiga kali ikut TOEFL, tapi gagal semua. Yang paling sulit itu di Listening Section-nya."

Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti itu?

Bagian Mendengarkan atau Listening Section di Test of English as a Foreign Language (TOEFL) memang merupakan hal yang menjadi momok bagi saya juga dulu.

Selain waktu putar yang terbatas, juga harus fokus, konsentrasi mendengarkan para 'bule' bicara. Tentu saja, kalau tidak tahu trik dan tipsnya, niscaya kegagalan jualah yang akan didapat.

Saya tidak mengatakan bahwa diri saya lebih pintar dari Anda dalam mengatasi Listening Section. Namun, saya ingin sedikit membagikan apa yang saya ketahui dari bangku perkuliahan dulu, sewaktu mengikuti Mata Kuliah Listening I, II, dan III, serta dari pengalaman mengikuti ujian TOEFL selama beberapa kali.

Saya meramu 3 (tiga) tips ini yang saya sebut tiga tips ampuh. Ini bukan tanpa alasan, karena 3 tips ini sudah membantu saya dalam menjalani mata kuliah listening dan listening section di TOEFL.

Apa saja tiga tips ampuh tersebut?

Pertama, Sering mendengar siaran radio atau podcast berbahasa Inggris

Ilustrasi mendengarkan radio berbahasa Inggris (Sumber : pixabay.com/Agnali)
Ilustrasi mendengarkan radio berbahasa Inggris (Sumber : pixabay.com/Agnali)
Nah, ini yang kadang kala tidak diketahui (atau malah tahu tapi diabaikan?) oleh para mahasiswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun