Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kenapa Guru Baru Kirim Rangkuman Pelajaran Tiga Hari Sebelum Ujian Semester Online?

2 Juni 2020   16:39 Diperbarui: 2 Juni 2020   16:36 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak belajar(shutterstock via kompas.com)

"Kenapa gurunya baru kirim rangkuman pas mau mepet ujian begini?"

Saya tidak habis pikir. Begitu juga dengan kenalan saya, sebut saja Bu Luna, yang juga ikut mengomel. 

Saya sudah mengajar anak Bu Luna, Ronald (bukan nama sebenarnya) dari kelas dua SD. Sekarang Ronald sudah di kelas lima. Berarti hampir empat tahun saya mengajar dia. Les privat beberapa mata pelajaran. Bukan hanya bahasa Inggris. 

Ronald bersekolah di sekolah swasta @nomention yang cukup bagus, baik dari segi kualitas gedung, sarana prasarana, tenaga pengajar, dan fasilitas penunjang lainnya. 

Guru adalah garda terdepan dalam mencapai hasil pendidikan yang gilang gemilang. Sayangnya dan juga herannya, selama saya mengajar Ronald, selama itu juga saya heran dengan kebiasaan guru-guru yang mengajar anak ini. 

Kebiasaan guru-guru Ronald di sekolah dari kelas dua sampai kelas lima sekarang adalah memberikan rangkuman sebelum ujian, baik itu untuk ujian tengah semester, maupun ujian akhir semester. 

Sebetulnya, tujuannya bagus. Sayangnya, yang menjadi masalah adalah para guru tersebut menyerahkan rangkuman di saat beberapa hari menjelang ujian. Kali ini, di masa pandemi, malah tiga hari sebelum ujian. 

Bukan hanya di sekolah swasta. Beberapa murid les saya yang bersekolah di sekolah negeri juga mendapat pengalaman yang sama.

Yang menjadi permasalahan adalah sama, yaitu guru memberikan rangkuman atau ringkasan pelajaran yang sangat mepet dengan ujian semester. 

Apa penyebabnya?

Saya berusaha menerawang dari sisi sekolah dan guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun