Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || http://english-itu-fun.blogspot.com/ || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || http://fingerstyleguitar1.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

3 Langkah Taktis bagi "Newbie English Teacher" Sebelum Mengajar Anak SD

28 Mei 2020   17:33 Diperbarui: 31 Mei 2020   20:44 215 21 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Langkah Taktis bagi "Newbie English Teacher" Sebelum Mengajar Anak SD
Ilustrasi seorang guru sedang mengajar (Sumber: pixabay.com/NgoHuuMoi)

"Horeee, aku diterima..."

Jangan senang dulu kalau Anda diterima menjadi guru bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD). Apalagi kalau Anda belum pernah mengajar di SD dan juga belum sekalipun sempat mengajar anak usia dini. 

Bisa dipastikan Anda bakal pusing pala barbie.

Kenapa saya bilang begitu? 

Karena di situlah hidup yang sebenarnya bermula. Saat kita bekerja, kita belajar hidup yang sebenar-benarnya. Berbagai teori di perguruan tinggi yang kita dapatkan kebanyakan tidak sejalan dengan kondisi di lapangan. 

Lagipula, sebenarnya sebagai lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, disiplin ilmu yang didapat lebih diarahkan ke sekolah menengah, seperti SMP, SMA, dan SMK. 

Meskipun belajar tentang psikologi pendidikan dan mata kuliah lain yang berhubungan dengan itu, spesialisasi mengajar adalah kepada siswa-siswi di pendidikan menengah, bukan dasar. 

Itu kata beberapa dosen sewaktu saya masih kuliah. Mudah-mudahan sekarang sudah ada perubahan dari segi kurikulum di FKIP Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. 

Dulu saya mengalami sedikit "gegar kondisi" karena tidak mengetahui "medan perang" yang sebenarnya di SD. Dengan minimnya informasi dari perkuliahan ditambah dengan belum adanya internet waktu itu, saya belajar dari trial and error

Dalam hal ini, setelah dua puluh tahun lebih, daripada hanya bersemayam di otak, saya ingin membagikan 3 langkah taktis untuk "Newbie English Teacher" sebelum mengajar anak SD untuk pertama kali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x