Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || http://english-itu-fun.blogspot.com/ || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || http://fingerstyleguitar1.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kursus Online, Alternatif Pendapatan bagi Guru Les

23 April 2020   14:01 Diperbarui: 23 April 2020   13:58 67 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kursus Online, Alternatif Pendapatan bagi Guru Les
Ilustrasi kursus online (Sumber : pixabay.com/Tumisu)

Pandemi covid-19 saat ini membuat semua orang mendapat masalah, terutama dari segi ekonomi. 

Tak terkecuali guru les. Guru les sangat tergantung dengan jadwal mengajar secara tatap muka. Dengan ketiadaan pertemuan, pendapatan pun jadi tergerus.

Memang, ada berbagai alternatif lain. 

Jualan online, seperti jual masker, hand sanitizer, obat herbal, dan lain-lain, bisa dilakukan. Jual makanan pun bisa juga dilakoni. 

Pokoknya, apapun akan dilakukan demi masuknya sehelai dua helai rupiah agar asap dapur tetap mengepul. 

Menimbang berbagai kondisi, ada alternatif pendapatan lainnya yang bisa dilakukan. Mungkin, tidak seketika diperoleh hasil nyata dalam bentuk materi, namun guru les bisa mendapatkan pendapatan dari peluang yang lain ini di masa depan atau bisa juga masa kini, kalau mampu mewujudkannya. 

Apa alternatif pendapatan bagi guru les?

Kursus online. 

Ya, karena sekarang tidak bisa offline, kenapa tidak merambah ke online? 

Misalnya, kalau Anda seorang guru les Matematika, Anda bisa membuat kursus online Matematika yang terstruktur dengan baik, dalam bentuk electronic book (e-book) dan video tutorial. 

Semua bahan materi tadi Anda taruh di suatu tempat di dunia maya, semisal di Box, Dropbox, YouTube, dan lain-lain. Anda atur dalam pengaturan "private" dan link dimana bahan materi itu berada bisa Anda berikan ke pembeli lewat WA atau e-mail. Kemudian pembeli akan mengaksesnya langsung lewat gawai yang mereka punya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x