Mohon tunggu...
Hamdali Anton
Hamdali Anton Mohon Tunggu... Guru - English Teacher

Saya adalah seorang guru bahasa Inggris biasa di kota Samarinda, Kalimantan Timur. || E-mail : hamdali.anton@gmail.com || WA: 082353613105 || Instagram Custom Case : https://www.instagram.com/salisagadget/ || YouTube: English Itu Fun

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Tahun Baru yang Sama

8 Januari 2019   22:46 Diperbarui: 8 Januari 2019   23:06 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : www.damsondene.co.uk

"Mas jangan pergi kerja malam ini. Malam ini kan pergantian tahun. Ijin saja," kata Sumi, sambil menggosok baju segunung yang seakan tak kunjung selesai disetrika. 

"Lalu kalo aku ijin, yang gantikan aku siapa?" Parjo menatap hampa ke layar tv, sambil mengisap rokok dalam-dalam. 

"Kan bisa Pak Yunus yang menggantikan."

"Mana mau dia. Kan beda jabatannya. Dia penjaga sekolah. Tugasnya bukan jaga malam. Lagian, dulu sudah pernah kucoba supaya dia gantikan aku, tapi dia gak mau. Bos juga gak setuju."

Dengan langkah gontai, Parjo menuju sekolah tempat dia bertugas menjaga keamanan di situ.

Parjo mengerti kemauan Sumi. Dia pun ingin seperti orang-orang kebanyakan.

Pergi ke tempat keramaian, seperti mal atau bioskop atau restoran, bersama dengan istri dan anak. 

Atau berlibur ke luar kota, katakanlah Bali, beserta keluarga, tinggal di hotel berbintang lima, yang semuanya itu masih dalam mimpi belaka. 

Tahun Baru selalu sama bagi Parjo sekeluarga. Parjo harus meronda sampai pagi; istri dan anak tetap di rumah memelototi layar televisi.

Kembang api, jagung bakar, kebersamaan, ....

Itu semua tak pernah bisa dinikmati orang rendahan sepertinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun