Mohon tunggu...
Halima Maysaroh
Halima Maysaroh Mohon Tunggu... Guru - Writer, teacher, dreamer

Halima Maysaroh, S. Pd., Gr. English teacher, Art and Culture teacher, education enthusiast, beauty enthusiast, makeup addict. Amateur writer, Pseudonym: Ha Mays, The writer of Ekamatra Sajak, Asmaraloka Biru, Sang Kala, Priangga, Prima, Suaka Margacinta, Bhinneka Asa, Suryakanta Pulau Buru

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Langkah-Langkah Menulis Puisi Berbantu Media Lingkungan Sekitar

4 Desember 2022   11:31 Diperbarui: 4 Desember 2022   18:16 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buku kumpulan puisi karya Ha Mays (saya) dan Agus priono yang ditulis berdasarkan keadaan sekitar. Sumber gambar: Guepedia Publisher

Beberapa penulis yang mengalami writer block biasanya memiliki beberapa alasan, dan salah satunya yaitu tentang ide menulis. Ide untuk menulis puisi tidak harus berat-berat, seperti harus jalan-jalan ke tempat tertentu untuk menuai ide. Sesungguhnya ide dapat kita petik dari lingkungan sekitar saja. Tergantung bagaimana Penulis menyikapi ide itu sendiri.

Menentukan Tema

Menentukan tema ini yang sebenarnya banyak tetapi sulit untuk Penulis tentukan. Tema menjadi panduan utama untuk terbentuknya suatu puisi. Dengan bantuan ide lingkungan sekitar, pemilihan tema akan lebih ringan dan mudah. Tidak perlu jauh-jauh hingga puncang gunung yang tinggi menjulang, cukup yang ada di depan rumah saja. Misalnya di depan rumah terdapat bunga matahari. Ide tema yang sederhana, ringan dan mudah.

Menentukan Judul

Diambil dari tema "Bunga Matahari" dapat Penulis tarik kembali menjadi sebuah judul puisi yang berkaitan. Misalnya, "Bunga Matahari Mekar Semu" bisa menjadi judul pilihan. Ide ini diambil dari sifat bunga matahari yang hanya mekar saat siang, dan layu saat sore. Fenomena ini dapat kita lihat dan rasakan di lingkungan sekitar saja.

Menentukan Kata Kunci

Menentukan kata kunci adalah Langkah untuk mempermudah berkembangnya ide tema sebuah puisi. Kata kunci diambil dari tema yang sudah ditentukan sejak awal. Pilih kata kunci sebanyak mungkin berkaitan dengan tema terpilih. Dari tema "Bunga Matahari" dapat Penulis ambil beberapa kata kunci, misalnya: Kuning, kelopak, daun, helai, tangkai, pagi, mekar, sore, layu, biji dan lain sebagainya.

Satu kata kunci dapat kita gunakan untuk mengembangkah satu larik puisi. Contohnya sebagai berikut:

Mekarmu semu dan hilang kala petang (kata kunci mekar)
Menyambut layu di hati yang tak lagi tenang (kata kunci layu)

Bukan hanya dipakai untuk satu larik saja, satu kata kunci bahkan dapat berkembang menjadi satu bait. Contoh menggunakan kata kunci "Pagi" untuk tema "Bunga Matahari"

Memulai nyawa kala pagi
Semerekah mahkota bunga matahari
Pagi bunga gebu menggelora
Waktu hangat memulai cinta

Menentukan Diksi

Menentukan diksi sangat menentukan keindahan puisi. Sebagaimana kita tahun bahwa sebuah puisi itu identik dengan keindahan dalam bait-baitnya. Keindahan itu berasal dari diksi atau kata yang dipilih untuk menjadi sebuah puisi yang akan dinikmati dan mengena perasaan pembacanya.

Diksi ini sendiri sifatnya bebas, tidak ada patokan harus menggunakan pilihan kata apa untuk disebut indah. Indah itu tergantung siapa yang merasakan. Jadi, diksi akan indah di hati yang tepat. Pilihlah kata/diksi sesuai selera atau tingkatan keindahan Penulisnya sendiri. Tidak perlu diksi yang berat hingga sulit dipahami oleh pembacanya, maka akan hilang keindahannya itu sendiri. Jika pembaca itu memakan puisi, mungkin diksi adalah lauk-pauknya untuk menambah napsu makan/membaca. Jika diksi terlalu berat dan tak dapat dipahami pembaca, maka memakan puisi tak nikmat lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun