Mohon tunggu...
Halima Maysaroh
Halima Maysaroh Mohon Tunggu... Guru - Writer, teacher, dreamer

Halima Maysaroh, S. Pd., Gr. English teacher, Art and Culture teacher, education enthusiast, beauty enthusiast, makeup addict. Amateur writer, Pseudonym: Ha Mays, The writer of Ekamatra Sajak, Asmaraloka Biru, Sang Kala, Priangga, Prima, Suaka Margacinta, Bhinneka Asa, Suryakanta Pulau Buru

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wanakarta Water Park di Pulau Buru: Tips Aman dan Nyaman Wisata Air

27 November 2022   15:04 Diperbarui: 27 November 2022   15:08 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wanakarta Water Park dengan pepohonan yang asri (dokpri)

Wisata air atau semacam water park merupakan salah satu wahana wisata yang digemari oleh anggota keluarga. Di Pulau Buru, salah satu wahana air yang cukup dikenal adalah Wanakarta Water Park yang berlokasi di Desa Wanakarta, Kecamatan lolong Guba, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Wanakarta Water Park atau biasa penduduk setempat menyebutnya WWP memang tidak terlalu luas, tetapi cukup nyaman dan jauh dari segala hiruk pikuk perkotaan. Berlokasi sekitar 50 km dari pusat kota Kabupaten Buru, Kota Namlea. Lokasi mudah dijangkau karena jalan menuju WWP melewati jalan nasional yang sangat layak dan memadai.

Terdapat dua kolam renang untuk dewasa dan dua kolam untuk anak-anak. Disediakan juga fasilitas prosotan sebagaimana di tempat wahana air lainnya. Beberapa gazebo berjejer untuk memanjakan pengunjung yang hendak rehat dan menikmati semilir angin pedesaan. Penjual jajanan juga tersedia di Wanakarta Water Park. Tempat wisata ini termasuk bersih dari sampah bekas makanan, kesadaran pengunjung dan petugas kebersihan sangat baik.

kolam khusus anak-anak (dokpri)
kolam khusus anak-anak (dokpri)

Terdapat sebuah gazebo besar dan luas yang dapat disewa untuk kegiatan pertemuan-pertemuan penting. Beberapa kegiatan dinas pernah diselenggarakan di WWP ini.

Walau wahana water park tergolong aman dan nyaman, tetapi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan ketika berada di wahana ini. Berikut persiapan agar wisata di wahana air dapat berjalan dengan baik.

  • Menggunakan sunscreen atau sunblock

Salah satu efek negatif dari berenang di tempat wisata air adalah paparan matahari langsung yang dapat merusak kulit. Bukan hanya itu, kandungan klorin pada air kolam juga dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Selalu lindungi kulit agar tetap sehat dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Sunscreen dapat mencengah kulit terbakar dan kulit kering saat menikmati wahana air.

  • Bilas tubuh setelah bermain air

Membilas tubuh dengan air bersih yang mengalir atau air dari keran perlu diperhatikan. Walau air dalam wahana tampak bersih, tetapi itu tempat umum yang digunakan oleh orang banyak. Membilas tubuh dengan sabun mandi dan air bersih perlu dilakukan demi memastikan tubuh bersih dan tidak ada bakteri jahat yang ikut ke tubuh.

Di Wanakarta Water Park terdapat dua bilik kamar mandi yang dapat digunakan pengunjung untuk membilas tubuh sehabis bermain air. Air keran dalam kamar mandi mengalir dan dapat digunakan sepuasnya untuk membersihkan diri.

  • Membawa pakaian ganti

Walau wahana air yang dikunjungi itu dekat, tetap perlu membawa pakaian ganti yang kering dan bersih. Setelah bermain air, membilas tubuh kemudian gantilah pakaian dengan pakaian yang bersih dan kering untuk menghindari masuk angin dan kedinginan. Apalagi jika pulang harus mengendari, kendaraan akan basah terkena pakaian saat bermain air. Gantilah pakaian agar tubuh tetap baik-baik saja.

  • Membawa makanan

Sehabis bermain wahana air, pasti akan terasa lapar walau dari rumah sudah makan. Di tempat wisata memang terdapat pedagang yang berjualan aneka jajanan, tidak apa-apa jajan di situ, tetapi biasanya harganya lebih mahal daripada harga di luar tempat wisata. Bisa disiasati dengan membeli jajanan di luar atau sewaktu dalam perjalanan berangkat. Lebih keren lagi kalau membawa bekal dari rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun