Mohon tunggu...
Halima Maysaroh
Halima Maysaroh Mohon Tunggu... Guru - English teacher at SMP PGRI Mako, Buru, Maluku.

Halima Maysaroh, English teacher, Education enthusiast, Amateur writer, pseudonym: Ha Mays, Makeup addict

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jangan Panik! Persiapan Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara Guru Penggerak Angkatan 7

27 Juni 2022   10:12 Diperbarui: 27 Juni 2022   18:45 6203 16 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berpakaian/penampilan selayaknya guru profesional seperti ini saat seleksi simulasi mengajar dan wawancara (dokpri)

Halo Bapak/Ibu Guru perserta Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 7. Tanggal 25 Juni 2022 lalu sudah resmi diumumkan peserta yang lolos seleksi tahap satu, yang artinya Bapak/Ibu Guru akan memasuki seleksi tahap berikutnya yaitu seleksi simulasi mengajar dan wawancara.

Jangan panik! Rileks saja. Berikut persiapan menghadapi seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) tahap simulasi mengajar dan wawancara yang saya rangkum berdasarkan pengalaman seleksi simulasi mengajar angkatan 6 pada 13 Mei 2022 dan wawancara pada 31 Mei 2022 lalu.

Konfirmasi Jadwal

Silakan cek akun SIMPKB masing-masih dan konfirmasi jadwal yang sudah tersedia. Jika kemungkinan di tanggal yang tertera, Bapak/Ibu Guru tidak dapat melaksanakan tes seleksi, maka dapat menghubungi nomor Whatsapp yang tertera di fitur jadwal CGP untuk reschedule jadwal seleksi.

Konfirmasi RPP

Template RPP dan di mana harus mengunggah RPP dapat dibaca instruksinya pada akun SIMPKB Bapak/Ibu Guru masing-masing. Jika telah selesai menyusun RPP yang akan di gunakan untuk simulasi mengajar maka lekaslahunggah dan dikonfirmasi.

Koneksi Internet yang Mumpuni

Karena seleksi seutuhnya dilaksanakan secara daring, maka koneksi internet sangat mempengaruhi kelancaran proses seleksi simulasi mengajar dan wawancara. Pastikan koneksi internet baik dan mumpuni untuk melakukan konferensi video.

Bersikap Sopan dan Berpakaian Selayaknya Guru Profesional

Sikap dan penampilan adalah kesan pertama yang akan ditunjukan, jika kesan pertama tidak baik maka proses selanjutnya akan sulit. Santun itu sikap yang dibutuhkan untuk menjadi Guru Penggerak.

Siapkan KTP Asli

Untuk memastikan bahwa peserta seleksi yang sedang berada di depan layar adalah asli, bukan diganti oleh orang lain, maka siapkan KTP asli. Asesor akan mengambil tangkap layar foto Bapak/Ibu bersama KTP asli.

Rileks, tak Perlu Panik dan Bersikap Junjur

Sejatinya proses seleksi mengajar dan wawancara sama saja dengan mengajar biasa di kelas. Sedangkan wawancara sama dengan ngobrol santai karena pertanyaannya bukanlah pertanyaan yang jawabannya teori. Dalam wawancara yang dibutuhkan adalah jawaban realita kehidupan dan pengalaman Bapak/Ibu. Maka jawablah pertanyaan sejujur-jujurnya agar tidak membersulit Bapak/Ibu untuk menjawab pertanyaan berikutnya karena jawaban Bapak/Ibu bisa jadi menjadi buntut dari pertanyaan berikut.

Tips Seleksi Simulasi Mengajar

Simulasi mengajar hanya berdurasi 10 menit dan 15 menit untuk tanya jawab bersama asesor. Sangat singkat, maka dari itu pintar-pintarlah mengatur atau merangkum tahapan-tahapan mengajar karena 10 menit tersebut harus dimanfaatkan sebagaimana mengajar secara utuh.

Kuasai materi sematang mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan