Mohon tunggu...
Halza
Halza Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Seorang mahasiswa baru yang ingin mencari pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Menjaga Kesehatan Mental dengan Cara Self-Love

20 September 2022   22:19 Diperbarui: 20 September 2022   22:36 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Nama: Halza Yonie Anjanou

NIM: 202210230311297

Kelompok: Katarsis.

Menjaga Kesehatan Mental dengan Cara Self-Love

Sekarang kita sudah tidak asing lagi dengan mencintai diri sendiri atau yang biasa disebut “Self-Love”, Self-Love ini sudah termasuk kedalam aspek yang penting bagi kesehatan mental, yaitu dengan cara menghargain dan mencintai diri atas kekurangan yang ada. Namun, masih banyak orang yang stress atau depresi karena mereka kurang mencintai diri sendiri, mereka terlalu fokus kepada kelebihan seseorang sehingga mereka merasa bahwa dirinya tak layak untuk suatu hal.

Beberapa hal yang dapat menurunkan rasa percaya diri yang menimbulkan kesehatan mental terganggu, yaitu: 1. Rasa minder (insecurity) Menurut Abraham Maslow, insecure adalah suatu keadaan dimana seseorang yang merasa tidak aman, menganggap dunia sebagai sebuah hutan yang mengancam dan kebanyakan manusia berbahaya dan egois. Mereka akan berusaha untuk mendapatkan kembali perasaan secure (aman) dengan berbagai cara. Menurut  psikolog klinis Melanie Greenberg, Ph, D., ada 3 faktor penyebab umum seseorang merasa insecure, yaitu: Pertama, insecure  karena kegagalan atau penolakan yang terjadi baru-baru ini.  

Peristiwa yang baru saja terjadi bisa mempengaruhi suasana hati dan perasaan diri kita dan karena itu ketidakbahagian berdampak pada self-esteem, kegagalan dan penolakan dapat berdampak pada ketidakpercayaan diri. Kedua, insecure karena mengalami kecemasan sosial ini terjadi karena rasa takut dievaluasi orang lain dan menyebabkan rasa cemas dan pada akhirnya mereka menghindari situasi sosial karena merasa tidak nyaman, insecure ini didasarkan pada kepercayaan yang menyimpang tentang harga diri. 

Ketiga, insecure yang didorong perfeksionisme yaitu beberapa orang memiliki standar yang sangat tinggi dalam segala hal yang mereka lakukan, tetapi hidup tidak selamanya menjadi seperti yang diinginkan, jika terus-menerus kecewa dan menyalahkan diri sendiri karena menjadi sesuatu yang kurang sempurna, maka akan timbul perasaan tidak nyaman dan tidak layak. 

2. Social Comparison Theory. 

Dalam hal membandingkan diri dengan orang lain, maka secara sadar maupun tidak sadar, individu tersebut dapat memilih orang lain yang berbeda-beda dengan dirinya. Maksud dari berbeda-beda ini akan dijelaskan pada dua jenis social comparison. Pertama, upward social comparison yaitu ketika seseorang membandingkan kemampuan, pendapat atau sifatnya dengan orang lain yang dinilai lebih baik dari dirinya. Berbeda dengan downward social comparison yaitu suatu situasi dimana seseorang membandingkan kemampuan, pendapat atau sifatnya dengan orang lain yang dinilai tidak sebaik dirinya (Arinson, Wilson, & Akert, 2013).

(Hazleden, 2003) menyebutkan terdapat berbagai cara untuk mencintal diri sendiri yang dapat dilakukan dari permulaan yang kecil dan sederhana. Berikut adalah cara-cara untuk mencintai diri:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan