Mohon tunggu...
Hallora
Hallora Mohon Tunggu... lifestyle and experience writers

Menceritakan tentang gaya hidup dan berbagi pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kudapan Khas Turki di Belanda

28 Februari 2020   22:26 Diperbarui: 28 Februari 2020   22:19 99 2 0 Mohon Tunggu...

Bosen dengan makanan kebarat-baratan seperti broodjes, waffle, dan pancake? Sepertinya makanan khas dua benua ini bisa menjadi solusi untuk kamu.

Gozleme, itulah nama makanan khas negeri Turki ini. Sekilas makanan ini mirip seperti kebab atau burrito dimana flatbread menggulung si toppings---isiannya. Flatbread yang digunakan pada gozleme biasanya hanya terbuat dari tepung terigu, garam, dan air.

Untuk toppings nya pun beraneka ragam, daging ( ayam, babi, sapi), sayuran ( bayam, zucchini, wortel, sla), dan olahan keju (feta, keju Turkish). Untuk gozleme yang orisinil---tanpa perpaduan daerah dan modern---toppings nya hanya berupa bayam dan keju feta.

dokpri
dokpri
Cara pembuatan gozleme terbilang cukup mudah dan simpel. Untuk adonan flatbread, kamu hanya perlu mencampurkan seluruh bahan (air, garam, tepung terigu) lalu adon hingga kalis. Kemudian adonan tersebut kamu bagi potong perporsi flatbread. Adonan yang telah terbagi perporsi harus kamu pipihkan menggunakan rolling pin, pipihkan hingga terbentuk lingkaran yang sempurna.

Sehabis itu taruh bayam setengah matang yang telah ditumbuk dan potongan keju feta diatas lalu lipat menjadi setengah lingkaran. Adonan yang telah terisi itu hanya perlu kita panggang di atas mesin pemanggang tradisional hingga matang.

dokpri
dokpri
Gozleme setengah lingkaran yang telah jadi tersebut kemudian dilipat hingga menjadi segitiga seperti crepes.

dokpri
dokpri
Flatbread yang pucat dengan aksen gosong meningkatkan enzim liur ku untuk cepat-cepat mencicipinya. Belum lagi bagian sisi flatbread yang garing ini membuatku tak tertahankan untuk segera mengigit. Hanya satu hal yang sedikit mengganjal---memangnya cocok ya bayam dengan keju?

dokpri
dokpri
Enak dan perpaduan yang cocok sekali! Crunchy yang kita rasakan di gigitan pertama lalu diikuti dengan aroma khas bayam dan padatnya keju feta langsung merangsang citarasa di lidah.

Memang yang kamu rasakan hanya 'gurih' nya dari keju feta dan bayam tapi dampak dari kombinasi dua toppings ini membuat mulut kita serasa penuh.

Makanan ini akan lebih mantap bila kamu olesi dengan mayonnaise garlic!

Sejatinya makanan ini hanyalah sebuah sarapan atau snack di negara asalnya, tapi setelah aku menghabiskannya perutku sangat terisi. Makanan ini cocok mengisi keseharian kita dari siang hari hingga sebelum makan malam! Pengalaman yang sangat menyenangkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x