Mohon tunggu...
Halimah 1811
Halimah 1811 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN KHAS JEMBER

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Pancasila Sila ke Satu

29 November 2021   19:34 Diperbarui: 29 November 2021   19:37 64 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka bukan sebatas pemikiran dalam waktu yang singkat untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia . Pengamalan sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa. Sikap yang dibutuhkan masyarakat Indonesia yaitu sikap toleransi dan saling menghargai masing- masing pemeluk umat agama, tidak mempermasalahkan cara ibadah, tidak membandingkan agama yang benar. Peran sila pertama sangatlah penting kuat karena Indonesia terdiri atas banyak agama dengan adanya sila pertama sebagai landasan kehidupan masyarakat Indonesia yakni Pancasila dapat menciptakan rasa saling menghormati, menghargai antar umat beragama. Seperti contoh:

Tidak dapat dipungkiri bahwa diindonesia memiliki agama yang berbeda- beda . Kongkret yang sering terjadi ialah kesulitan mendirikan tempat ibadah, Sering kali yang dialami oleh masyarakat Indonesia yang memeluk agama Kristen. Berbeda dengan mereka yang memeluk agama Islam. Kasus ini sering terjadi di masyarakat perkotaan. Seperti penyegelan gereja Kristen Indonesia, terjadi karena kurangnya sikap toleransi antar umat beragama.

Negara harus memberikan hak- hak kepada warga negara nya untuk beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Sebaiknya negara tidak didasarkan oleh pandangan agama tertentu, untuk mengatasi segala bentuk konflik keagamaan perlu didatangkan nilai-nilai luhur Pancasila bagi masyarakat Indonesia sejak dini. Seperti, cara pendidikan karakter, pendidikan agama disekolah , dan kegiatan lainnya. Masyarakat Indonesia perlu memiliki pemahaman, pengalaman akan nilai- nilai Pancasila yang kuat dan berakar dalam dirinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan