Mohon tunggu...
Hakiki Rikza Irnaini Al Badri
Hakiki Rikza Irnaini Al Badri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Find me instagram @hakikirikza18

Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Berkembangnya Media Pembelajaran dari Masa ke Masa Menjadi Tuntutan Lembaga Pendidikan untuk Tidak Ketinggalan Zaman

21 September 2021   06:38 Diperbarui: 21 September 2021   06:46 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berkembangnya Media Pembelajaran dari Masa ke Masa Menjadi Tuntutan Lembaga Pendidikan untuk Tidak Ketinggalan Zaman
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di zaman sekarang teknologi berkembang sangat cepat sehingga banyak fasilitas umum yang menggunakan teknologi-teknologi canggih dengan berbagai macam bentuk serta beragam kegunaan. Sama halnya dengan Sumber daya manusianya yang secara tidak langsung merasa tertarik dan ingin mempelajari semua teknologi yang ada. 

Dengan begitu setelah Sumber Daya Manusia handal dalam mengoperasikan berbagai alat dan teknologi yang ada maka banyak juga Lembaga yang berdiri dengan Sumber Daya Manusia yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing dilengkapi dengan berbagai macam serta model alat dan teknologi baru yang digunakan menjadi suatu kebanggaan serta keunggulan bagi Lembaga itu sendiri.

Salah satu Lembaga yang perlu diperhatikan yaitu Lembaga Pendidikan karena Lembaga ini mempunyai peran yang penting bagi generasi penerus bangsa. Lembaga ini mempunyai tugas yaitu menjamin kecerdasan setiap warga negara Indonesia oleh sebab itu sebelum mendirikan suatu Lembaga Pendidikan terdapat poin-poin penting yang harus dipertimbangkan secara baik dan benar. Poin pertama yang harus dilakukan adalah membentuk Sumber Daya Mansusia yang secara keseluruhan memiliki tujuan yang sama serta unggul dalam bidangnya masing-masing sehingga hal ini menjadi hal utama yang sangat penting demi membentuk badan penanggung jawab suatu Lembaga Pendidikan. 

Poin kedua adalah membentuk suatu peraturan baru untuk Lembaga Pendidikan yang Baru dibentuk guna menjadikan peraturan tersebut sebagai inti atau hukum dasar berdirinya Lembaga Pendidikan. Poin ketiga yaitu menempatkan seluruh inti tenaga pendidik sesuai dengan keahliannya. Poin keempat memperhatikan kesejahteraan tenaga ahli yang lain guna memaksimalkan seluruh fasilitas yang dimiliki oleh suatu Lembaga Pendidikan. 

Poin kelima memberikan secara berkala dan kosnsisten fasilitas baru untuk tenaga pendidik serta pelajar guna memberikan pengalaman baru khususnya untuk perkembangan kreatifitas serta perkembangan pola berpikir mereka di bidang Pendidikan. Poin keenam yakni membuat suatu program Pendidikan yang beragam sebagai penunjang para pelajar dalam meningkatkan kualitas diri mereka baik kemampuan kognitif serta afektif. Poin ketujuh adalah melakukan kegiatan ekstra dalam bidang keagaamaan guna menjadikan hal itu suatu kebiasaan bagi setiap warga Lembaga Pendidikan tersebut. 

Poin kedelapan yaitu harus saling menjalin komunikasi segala arah atau dapat diartikan dengan "Flexible Comunication way with the right way" yang mempunyai maksud yaitu kita sebagai penegak Pendidikan atau tenaga pendidik harus menjalin komunikasi ke segala arah baik itu kepada atasan, sesama serta ke bawah yakni kepada masyarakat dengan cara mendengarkan masukan dari mereka tehadap pengaruh berdirinya sekolah kita ditengah-tengah mereka dengan begitu kita dapat menyerap seluruh masukan aspirasi dari berbagai pihak yang ada lalu menarik satu kesimpulan untuk diambilsuatu tindakan nyata bagi Lembaga Pendidikan yang telah berdiri supaya menjadi lebih baik kedepannya.

Berikut ayat Al-Qur'an yang memiliki hubungan erat dengan pembahasa di atas :

 

Q.S Ali Imran (3) ayat 191 yang menyebutkan bahwa " Ya Tuhanku, tiada engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau."

Berdasarkan arti penggalan ayat diatas hal ini memiliki suatu kesinambungan yang erat kaitannya dengan segala sesuatu yang Tuhan ciptakan di bumi karena apapun yang telah diciptakan Tuhan itu semua memiliki tujuan dan kegunaaan yang tidak sia-sia bagi peradaban manusia. Seperti halnya teknologi yang dipadukan dengan Pendidikan dimana Manusia seiring berkembangnya zaman dituntut untuk selalu berusaha memperkaya dirinya terutama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang terdapat di muka bumi ini dipadukan dengan kemampuan otak manusia dalam berpikir menciptakan serta mengembangkan teknologi yang sudah ada menjadi teknologi-teknologi baru supaya dapat digunakan untuk memudahkan segala kegiatan manusia. 

Salah satunya yaitu Lembaga Pendidikan yang dituntut untuk selalu berinovasi dalam menciptakan alat atau bahan mengajar serta sistem pembelajaran yang cangih seperti contohnya menggunakan media pembelajaran berbasis online atau biasa disebut dengan E-Learning. Hampir semua Lembaga Pendidikan memiliki situs pembelejaran tersebut karena di dalamnya memiiki beberapa keunggulan dalam memudahkan peserta didik menuntaskan tugas dai sekolah atau Lembaga Pendidikan tersebut. 

Terdapat juga sistem pemebalajaran yang mengandalkan salah satu teknologi yang sering kita jumpai yaitu Internet dimana dengan adanya satu teknologi ini di dunia khususnya untuk Lembaga Pendidikan membawa dampak yang sangat berpengaruh karena dalam sisi positifnya teknologi yang kita sebut Internet ini dapat memberikan berbagai acam informasi didukun dengan sumber informasi yang luas dan tepercaya maka dari itu selain ilmu dari guru, siswa juga dapat menambah ilmu pengetahuan mereka melalui teknologi yang disebut Internet dengan catatan mereka gunakan teknologi tersebut sesuai dengan kegunaannya dan menyebarkannya supaya dapat memberikan manfaat terhadap semua manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan