Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Resep "Obat Kuat" untuk Berkarya

7 Oktober 2022   16:15 Diperbarui: 7 Oktober 2022   16:30 94 15 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sebagian buku karya penulis (dokpri)

Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi bahwa Rasulullah saw bersabda: 'Barangsiapa bangun di pagi hari dengan badan sehat dan jiwa sehat pula, dan rezekinya dijamin, maka dia seperti orang yang memiliki dunia seluruhnya."

"Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang." (HR. Bukhari)

Kesehatan jiwa dan raga akan menyebakan aktivitas kita menjadi produktif dan maksimal dalam berkarya karena ide-ide segar bisa diwujudkan dalam aktivtas fisik, dan mental sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi kita maupun bagi orang lain serta komunitas pekerjaan yang sedang kita jalani.

Aktivitas berliterasi juga membutuhkan kombinasi kesehatan fisik, jiwa dan mental yang prima sehingga menghasilkan karya yang sempurna.

Pengalaman berbagi tulisan di blog pribadi untuk bisa bertahan dan bisa menulis setiap hari harus memiliki modal yaitu OBAT KUAT yang merupakan resep penulis bisa bertahan hampir 5 tahun dan sudah menghasilkan ribuan tulisan yang dikonversi menjadi belasan buku individu dan puluhan buku antologi,menggunakan resep OBAT KUAT.

O lah raga, adalah aktivitas jasmani untuk meningkatakan kesehatan dan kebugaran raga dengan berbagai aktivitas yang bisa dipilih mulai dari yang olah raga sederhana murah meriah seperti jalan sehat, lari, bersepeda atau gowes sampai olah raga yang mebutuhkan biaya mahal seperti berkuda, balap mobil, bermain golf dan sebagainya. Dengan raga yang bugar akan melahirkan ide-ide segar yang bisa dituliskan, bahkan cerita kegiatan oleh raga itu sendiri menjadi bahan tulisan yang menarik.

B erlatih dan terus memperbaiki tulisan kita dengan cara mengikuti pelatihan menulis dengan berbagai macam jenis dan produk yang diselenggarakan oleh Mediaguru, mulai dari Sagusabu, Pelatihan Menulis Novel, Pelatihan Menulis Best Practice, ikut tantangan menulis di Gurusiana adalah cara untuk meningkatkan kualitas tulisan kita, sehingga semakin baik dan berkulitas produk tulisan kita.

A ktif dalam berbagai forum dan kelompok media sosial, utamanya yang menunjang tugas utama sebagai seorang pendidik, dengan aktif di berbagai forum kita bisa mengambil manfaat, memperluas jaringan pertemanan dan sebagai sarana promosi karya kita berupa buku, baik buku individu maupun buku karya bersama.

T ebarkan motivasi dan inspirasi literasi kepada sesama dengan mengajak siswa, teman guru dan tenaga kependidikan lain, juga masyarakat umum untuk makin cinta literasi, mengajak berlatih menulis dan mengajak berkolaborasi dalam menghasilkan karya literasi, baik berupa buku populer,novel, cerpen dan karya ilmiah hasil penelitian, film dan pagelaran seni budaya.

K uat dan tegar dalam menghadapi bermacam hambatan dalam kegiatan literasi, mulai cemoohan terhadap kualitas tulisan kita, ejekan buku karya kita, atau berbagai hambatan yang bisa meruntuhkan moral kita selaku penggiat literasi, oleh karenanya mari kita jawab cemoohan dan ejekan mereka dengan makin produktif dalam berkarya dan lebih meningkatkan kualitasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan