Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTsN 4 Kota Surabaya sejak tahun 2001
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka membaca dan menulis apa saja untuk dibagikan kepada orang lain dengan harapan bisa memahami dan mengerti kalau mau menerapkan apa yang ditulis

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Khotmil Qur'an Rutinitas yang Harus Istiqomah

25 September 2022   09:42 Diperbarui: 25 September 2022   09:51 116 15 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis (tengah) bersama jamaah Masjid Al Hibah mengikuti acara rutin Khotmil Qur'an Ahad Pagi tiap akhir bulan

Ahad pagi tiap akhir bulan ba'da subuh di Masjid Al Hibah mengadakan acara rutin Khotmil Qur'an khusus untuk jamaah Bapak-bapak, untuk ibu -ibu setiap Ahad pertama, sedangkan untuk Remaja Masjid setiap Ahad kedua setiap bulan.

Acara biasanya berlangsung sejak selesai jamaah sholat Subuh sampai selesai apukul 08.00 - 10.00 WIB, tergantung jumlah jamaah yang ikut.

Khusus pagi ini giliran jamaah Bapak-bapak jumlah peserta hanya 7 orang yaitu penulis, Marbot Masjid Ustadz Al hafid Musakib, Syafi'i, Supii, Sutikno, Suroso dan Khoirul Anam dari biasanya 10-13 jamaah, kebetulan hari ini ada beberapa jamaah yang tidak bisa mengikuti acara khotmil Qur'an karena berbagai alasan.

Bagi penulis sendiri yang baru tiba dari Yogyakarta pukul 02.30 WIB dinihari tadi harus ikut kegiatan ini dengan sholat Subuh berjamaah dilanjutkan acara khotmil Qur'an sampai berakhir pukul 08.00 WIB pagi tadi.

Inilah keutamaan kegiatan Khotmil Qur'an menurut penulis :

1. Amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT

Pertama, Allah SWT sangat mencintai umat-Nya yang melantunkan ayat-ayat Al-Quran dari awal hingga selesai. Sebagaimana Ibnu Abbas RA yang mengatakan percakapan antara Rasulullah SAW dan pengikutnya.

"Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?" Beliau menjawab, "Al-hal wal murtahal." Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR Tirmidzi).

2. Majelis khotmil Qur'an senantiasa dikelilingi oleh Malaikat Allah untuk menjaga, memberi kekuatan dan mencatat setiap huruf yang kita baca akan mendapatkan 10 kebaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan