Mohon tunggu...
Hairunnisa
Hairunnisa Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa

Cantikkk

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

UMKM Bakso Ranggasolo Khas Ibu Herlin dan Bapak Nanang, Tetap Berjualan walaupun di Tengah Pandemi Covid-19

29 November 2021   09:45 Diperbarui: 29 November 2021   09:57 32 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama Pandemic Covid-19 yang melanda indonesia sudah sekitar 1 tahun lebih. Wabah Covid-19 Pertama kali muncul di Wuhan (Tiongkok), dan menyebar luas didunia termasuk indonesia terkena dampak tersebut, dampak covid-19 menyebabkan sektor perekonomian mengalami penurunan drastis, tidak hanya pada sektor usaha besar, tetapi juga pada usaha kecil, dan menengah (UMKM).

Salah satu UMKM atas nama (ibu Herlin) umurnya (39 Tahun) yang bertempat tinggal di Desa Ranggasolo Kec. Wera Kab. Bima yang berjualan (Bakso), Yang Sudah cukup lama dari tahun 2015 sampai sekarang, usaha ini sangat dikenal oleh masyarakat diluar tempat tersebut, karna rasanya lebih enak dari bakso yang lainnya "ujar pembeli", modal yang mereka keluarkan dari awal untuk membangun usaha ini sekitar hampir 5 jutaan dan sampai sekarang masih ada yang minat untuk membeli bakso tersebut, dan modalnya sudah melebih modal awal membangun usaha ini.

Usaha ini memiliki 2 karyawan dan apa bila banyak pembeli kadang juga melebihi dari 2-3 karyawan, dan mereka juga memiliki tugasnya masing-masing. Dari bahan yang mereka gunakan itu bahan bakso pada umumnya, seperti daging dan kanji bahan yang paling utama, disaat menjual bakso mereka dapat menghabiskan daging sapi 30kg dalam 2hari, dan biayannya cukup mahal untuk membeli daging tersebut.

Selama ini mereka juga tidak memiliki kesulitan untuk membeli daging  dari pasar, karna mereka harus memesan dijauh hari sebelum dagingnya hampir habis. Selama mereka berjualan bakso tersebut, mereka mendapatkan penghasilan yang sangat mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka, Biasanya mereka mendapatkan keuntungan itu pada musim panen bawang atau kacang sehingga peminat berdatangan setiap hari.

Apakah ibu ada rencana ingin membuka usaha lain selain ini?

"Kami ingin menjadi petani, agar tidak menjual bakso saja, tetapi ada juga penghasilan diluar usaha bakso ini. Ujar pemilik bakso"

Selama  pandemic ini usahanya tidak berpengaruh dan tidak menurun dratis dibandingkan usaha sektor besar pemilik usaha mengakatakan
"selama pandemic covid-19 ini usaha saya tidak menurun drastis tapi biasa saja, dan tidak terlalu berpengaruh pada penjualan bakso saya"

Pemilik usaha berharap, semoga usahanya lebih maju dan pandemic covid-19 cepat usai.
Penulis : Hairunnisa (2020008211) Dari Kampus ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan