Maulana Haitami
Maulana Haitami

Kuli digital non office hours // Lebih suka makan buku daripada makan temen

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Kenali 7 Akibat apabila Kamu Makan Terlalu Banyak

12 Oktober 2017   13:43 Diperbarui: 12 Oktober 2017   13:51 376 0 0

Setiap manusia membutuhkan makanan yang akan berubah menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari, namun makan berlebih ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Karena kita semua tahu, apabila yang berlebihan itu tidak baik. Mereka yang memiliki pola makan berlebihan beresiko menderita penyakit kolesterol tinggi, sehingga memungkinkan seseorang terserang darah tinggi, serangan jantung, maupun stroke di usia muda.

Faktanya, makan berlebihan dianggap sebagai gangguan, ada bahaya kesehatan tertentu karena apabila Anda melakukannya. Selain itu, juga menyebabkan masalah pada fisik dan emosional seseorang.

Faktanya juga, banyak orang berpikir bahwa hanya merokok dan minum-minum yang bisa membuat Anda kecanduan. Sebenarnya, makan berlebihan juga bisa membuat Anda kecanduan.

Berikut adalah beberapa 7 dampak yang akan kamu rasakan apabila makan secara berlebihan:

1. Obesitas

Ini adalah efek yang paling nyata jika Anda makan berlebih, Kegemukan yang berujung pada obesitas adalah efek negatif pertama dari makan berlebihan.  Kegemukan sendiri bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Alasan utama mengapa orang dewasa dan anak-anak mengalami kegemukan adalah ketidakmampuan untuk mengontrol nafsu makan.

2. Kembung

Apabila Anda terlalu banyak makan, maka akan membuat kapasitas dalam perut terbatas sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan berujung dengan perut yang terasa kembung.

3. Masalah Asam Lambung

Makan terlalu banyak juga akan membuat perut menjadi sakit dan bergas, sehingga akan menyebabkan asam lambung naik. Karena lambung memiliki kapasitas yang sudah ada, apabila Anda memaksakan untuk melebihi kapasitas tersebut maka akan mengalami gangguan pada lambung.

4. Sendawa dan cegukan

Beberapa orang sering memakan makanan dengan tergesa-gesa yang mengakibatkan banyak udara juga yang masuk ke dalam. Dan itu akan membuat Anda sering bersendawa dan cegukan. Hal ini jutsru membuat perut Anda tidak nyaman, usahakan untuk meminum segelas air hangat apabila Anda mengalami cegukan.

5. Mengantuk

Makan terlalu banyak dapat membuat mengantuk dikarenakan usus akan bekerja keras untuk mencerna makanan yang berlebih dan darah dialihkan dari otak untuk membantu proses tersebut. Makanan juga mempengaruhi produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda untuk cepat tertidur.

6. Sesak nafas

Banyaknya makanan yang masuk ke dalam perut akan menekan paru-paru sehingga dapat menyebabkan Anda sesak nafas, dan Anda akan susah berjalan karena banyaknya makanan yang masuk ke dalam perut. 

Nah sudah pada tahu kan dampak buruk akibat terlalu banyak makan, jadi makanlah secukupnya karena memaksakan perut untuk diisi dengan makanan sekaligus ternyata tidak baik untuk tubuh.

7.  Menghambat pertumbuhan psikologis dan kecerdasan

Nafsu makan yang berlebihan akan menghambat proses perkembangan psikologis dan juga kecerdasan pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Ini daoat terjadi karena banyaknya zat yang terkandung pada makanan seperti MSG, pewarna makanan, pengawet makanan yang sangat tidak baik bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Sumber: 1, 2,