Mohon tunggu...
Haikal Riziq
Haikal Riziq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STAI Riyaduljannah

Tidak ada yang lebih baik,. Melainkan karna keinginan nyah sendiri, pertanyaan nyah sederhana MAU APA TIDAK?

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Pendidikan Agama Islam di PAUD

24 September 2022   02:00 Diperbarui: 24 September 2022   02:17 54 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum wr.wb

      Segala puji hanya milik Allah SWT,. Sholawat beserta salam mari kita panjatkan kepada nabi Muhammad Saw,. 

Implementasi pendidikan agama Islam di PAUD

    Pendidikan karakter harus kita terapkan sejak dini karena penanaman akhlak pada usia dini supaya anak bisa terbiasa dengan karakter dan akhlak yang kita tanamkan,. 

    Implementasi pendidikan agama Islam pada paud ABA yang tidak spesifik pada jam pembelajaran di luar pembelajaran reguler di kelas merupakan hal yang wajar,. Sebab lembaga pendidikan paud harus bisa meng Implementasi kan akhlak dan Budi pekerti di PAUD,. 

    Pendidikan agama Islam pada tatanan implementasinya merupakan integrasi dari kurikulum 2013 dengan Aisyah yang dioperasionalkan melalui pembiasaan sehari-hari seperti datang dan pulang mengucapkan salam membaca doa sehari-hari membaca surat-surat pendek praktik wudhu dan azan membaca bacaan salat praktik salat berjamaah praktek infaq untuk kurban, sifat jujur hadis-hadis pendek Asmaul Husna dan nama-nama surat dalam Alquran

    Realitas implementasi pendidikan agama Islam pada PAUD merupakan prinsip yang utama karena lembaga tersebut merupakan sebuah lembaga pendidikan yang eksistensinya di bawah yayasan keagamaan Islam, meskipun demikian implementasi pendidikan secara umum bukanlah merupakan faktor sekunder .

   Mencermati implementasi pendidikan agama Islam pada PAUD tampak bahwa proses pengembangan nilai-nilai agama Islam dan moral bagi peserta didik berdasarkan dua versi kurikulum yaitu kurtilas, 

Model pembelajaran yang diterapkan pada PAUD yaitu prinsip dasar pembelajaran dengan model kelompok dimaksudkan untuk mengeliminir adanya perbedaan-perbedaan diantara peserta didik seperti peserta didik yang kemampuan belajarnya dalam kategori rendah sedang dan tinggi asal ras peserta didik budaya dan bahkan jenis kelamin dengan demikian dapat terwujud model pembelajaran yang interaktif komunikatif dan harmoni, .

    Standar tingkat pencapaian perkembangan anak adalah merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi perkembangan peserta didik yang mencakup aspek nilai agama moral fisik motorik kognitif bahasa sosial emosional dan lain sebagainya,.  

       Kompetensi dan integrasi para pendidik pada kedua TK di atas terkait dengan pendidikan agama, khusus nyah pendidikan agama juga merupakan faktor pendukung yang sangat menentukan,. Hal itu tidak lepas dari dasar implementasi pendidikan agama untuk paud,.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan