Mohon tunggu...
Haidra Jihan Azzahra
Haidra Jihan Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah to Alhamdulillah

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengantar Bisnis, Pengertian, Bentuk Bisnis

22 Oktober 2020   14:24 Diperbarui: 22 Oktober 2020   16:51 100 2 0 Mohon Tunggu...

Di Era Teknologi 4.0 seperti sekarang ini banyak sekali orang-orang menjadikan bisnis sebagai ladang usaha mereka untuk mendapatkan penghasilan. Sekarang ini bisnis tidak selalu harus dilakukan disuatu tempat yang tetap seperti harus mempunyai gedung kantor atau yang lainnya. Bisnis dapat dilakukan walaupun dirumah saja, seperti bisnis kuliner misalnya, kita bisa membuatnya dari rumah kemudian memasarkannya lewat online. Tapi kalian tau tidak sih pengertian dari Bisnis itu sendiri?

A. Pengertian Bisnis
Bisnis merupakan sebuah aktivitas yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan lkan keuntungan.


B. Pengertian Perusahaan
Sedangkan, Perusahaan adalah sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan / atau jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pelanggan serta diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi para pemiliknya.

Dalam berbisnis itu sendiri memiliki beberapa konsep komponen yaitu
1. Pasar
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pasar adalah sebagai tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Sekaligus tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud mencari derma.
2. Perusahaan
3. Pihak Eksternal
Pihak Eksternah adalah kondisi-kondisi yang berada diluar organisasi yang sifatnya tidak bisa dikendalikan. Kondisi ini seperti situasi politik, sosial, ekonomi, sosial lingkungan dan sebagainya.
4. Konsep Perubahan
Selalu ada saja perubahan yang terjadi pada saat dunia ini berjalan. Perubahan-perubahan yang terjadi baik itu didalam ataupun diluar organisasi harus bisa di antisipasi dengan baik, sehingga kelemahan dan juga ancaman terhadap kelangsungan hidup organisasi bisa teratasi.


C. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi
Kebutuhan Manusia
Dalam berbisnis tentu saja terdapat peluang-peluang yang cukup besar. Peluang Bisnis terjadi karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain :
1. Faktor Sosial
Faktor ini dipengaruhi oleh lingkungan sosial dimana kita berada. Hal ini karena secara naluriah manusia condong untuk meniru tingkah laku orang-orang yang sudah menjadi kebiasaan dalam lingkungan sosialnya. Bagi seseorang yang memiliki pendapatan besar tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan yang memiliki pendapatan sedikit.
2. Faktor Budaya
Adanya perbedaan budaya disetiap tempat menjadikan pola pemikiran dan perilaku yang berbeda juga bagi setiap masyarakat.
3. Faktor Pribadi
Kebutuhan seorang juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi, yaitu  usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, kondisi ekonomi. Gaya hidup, serta kepribadian dan kondisi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri seseorang.
4. Faktor Psikologis
Pilihan kebutuhan seseorang dipengaruhi pula oleh empat faktor psikologis utama, yaitu  motivasi, persepsi, pengetahuan (learning), serta keyakinan dan sikap.

D. Bentuk - Bentuk Bisnis
1. Barang
Pada dunia Bisnis ada dua jenis usaha pada bidang barang, yaitu  Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Dagang yang. Perusahaan Manufaktur adalah Perusahaan yang mengelola bahan mentah atau bahan baku menjadi sebuah barang jadi yang siap dipakai. Sementara itu Perusahaan Dagang yang adalah Perusahaan yang melakukan pembelian dan penjualan barang dagang yang tanpa merubah bentuknya.
2. Jasa
Bisnis dibidang ini adalah usaha yang kegiatannya menjual jasa atau pelayanan yang dihasilkannya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menghasilkan keuntungan.

E. Bentuk Badan Usaha
Dikutip dari accurate.id berikut beberapa bentuk badan usaha yang ada di Indonesia
1. Perusahaan Perseorangan
Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dibangun oleh seorang pengusaha saja.
2. Firma
Persekutuan firma adalah badan usaha yang dijalankan oleh dua orang atau lebih atas dasar kerjasama.
3. Perseroan Komanditer (CV)
Persekutuan komanditer adalah bentuk badan usaha yang didalamnya berisi pemilik aktif dan pasif. Untuk keuntungan maupun kerugian yang dibebankan kepada pemilik pasif ditentukan dari kesepakatan diawal.
4. Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan terbatas adalah badan usaha yang dibangun dari berbagai modal saham. Sedangkan yang dianggap pemilik perusahaan adalah orang yang menanamkan modal terbesar.
5. Perusahaan Negara
Perusahaan Negara adalah badan usaha yang dijalankan oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan maslahat.
6. Koperasi
Dikutip dari cpssoft.com Koperasi merupakan bentuk usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan. Tujuan dari koperasi adalah untuk mensejahterakan anggotanya yang ikut membangun ekonomi bersama.

F. Sumber Daya Organisasi
1. Manusia
2. Material
3. Mesin
4. Uang
5. Informasi

G. Lingkungan Organisasi
1. Pemasok
Pemasok adalah individu atau perusahaan yang menjual bahan baku, atau barang dagang yang  yang dibutuhkan oleh perusahaan lain untuk diolah atau dijual kembali.
2. Pelanggan
Menurut Dharmmesta dan Handoko (1997:12)
Pelanggan adalah individu-individu yang melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan pribadinya atau konsumsi rumah tangga.
3. Serikat Pekerja ialah
Menurut wikipedia, Serikat pekerja ialah  ialah organisasi buruh yang bergabung bersama untuk mencapai tujuan umum dibidang seperti upah, jam dan kondisi kerja.
4. Masyarakat Keuangan
Masyarakat Keuangan adalag lembaga yang memberikan pelayanan dan kebijakan, seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Penkreditan Rakyat (BPR), dan lain-lain.
5. Pemegang Saham
Pemegang saham adalah orang yang menanamkan modalnya kepada suatu perusahaan.
6. Pesaing

Organisasi atau individu yang menjual produk yang sama seperti produk yang dimiliki oleh perusahaan kita.
7. Pemerintah
8. Masyarakat Global
Masyarakat yang memiliki pemikiran yang luas dan tidak terbatas.


https://feb.uhamka.ac.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x