Mohon tunggu...
Haidarsyah Mukhammad
Haidarsyah Mukhammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka Sejarah

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Video Pertama dalam Sejarah YouTube

23 Juni 2022   22:00 Diperbarui: 23 Juni 2022   22:03 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Me at the Zoo. Sumber: ink.estadao.com.br

YouTube adalah platform berbagi video yang paling populer di dunia saat ini. Hampir semua orang pasti pernah menggunakan atau setidaknya mendengar tentang platform video yang berkantor pusat di San Mateo, California, AS ini. Namun tahukah kalian siapa orang yang pertama kali mengunggah videonya ke YouTube ? 

Orang itu bernama Jawed Karim. Video berjudul "Me at the Zoo"  yang dia unggah pada tanggal 23 April 2005 tercatat sebagai konten pertama dalam sejarah yang terupload ke YouTube. Rekaman berdurasi 19 detik itu berisi tentang Jawed yang sedang berdiri di depan kandang Gajah di sebuah kebun binatang di San Diego, AS.

"All right, so here we are in front of the elephants. Cool thing about these guys is that they have really, really, really long trunks, and that's......that's cool. And that's pretty much all there is to say," adalah hal yang dia ucapkan.

 Hingga hari ini tercatat video yang dirilis 17 tahun lalu tersebut sudah ditonton lebih dari 236 juta kali.

Perlu diketahui juga bahwa Jawed Karim ternyata bukanlah orang sembarangan. 

Pria lulusan University of Illinois ini bersama dua rekannya Steve Chen dan Chad Hurley adalah orang-orang yang menciptakan platform YouTube hingga pertama kali rilis pada tanggal 14 Februari 2005, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google Inc. senilai $1,65 miliar  pada tanggal 9 Oktober 2006.

Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Sumber: poskota.co.id
Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Sumber: poskota.co.id
Berdasarkan riset yang dilakukan Global Media Insight, hingga kini YouTube memiliki lebih dari 2,6 milliar pengguna aktif, lebih dari seperempat populasi dunia menggunakan YouTube setiap bulan. Sekitar setengah dari pengguna internet di seluruh dunia memiliki akses ke aplikasi berbagi video ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan