Mohon tunggu...
Hisnudita Hagiworo
Hisnudita Hagiworo Mohon Tunggu... Ibu bekerja yang mencoba menyeimbangkan karier dan keluarga

Bekerja di kantor jadi satu cara untuk hilangkan penat di rumah. Begitu pula saat pulang ke rumah, saat ketemu anak jadi cara untuk hilangkan stress di kantor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Jaga Kesehatan dengan Rempah-rempah

29 Oktober 2019   10:34 Diperbarui: 29 Oktober 2019   10:55 105 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jaga Kesehatan dengan Rempah-rempah
freepik.com

Belakangan ini banyak orang mulai sadar akan hidup sehat. Mulai dari mengubah apa yang dikonsumsi, hingga berolahraga menjadi cara ampuh untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

Ternyata, tak hanya sayur dan buah yang dijadikan makanan sehat, rempah-rempah juga memiliki khasiat yang tak kalah kebatnya dalam menjaga kesehatan. Hal ini terbukti dengan lamanya jamu diakui sebagai minuman kesehata.

Jamu sendiri merupakan minuman yang berbahan dasar rempah-rempah asli Indonesia. Nah, lalu apa saja rempah-rempah yang memiliki khasiat hebat?

Berikut 4 rempah yang mudah ditemui di pasar dan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Jahe
Meski memiliki rasa yang pedas, jahe memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Masalah pencernaan juga dapat dilindungi oleh si rempah ini. Kandungan phenolic yang ada dalam jahe dapat meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, dan mencegah terjadinya kontraksi pada perut.

Jahe juga dapat mencegah kanker. Salah satu riset mendapati bahwa kandungan gingerol dalam jage bisa menjadi alternatif terapi penyembuhan untuk penderita kanker. Nah, bagi Anda yang sedang hamil, minuman jahe juga dapat meredakan mual.

Kunyit
Si kuning ini merupakan sahabat para wanita. Sejak zaman dulu, kunyit dipercaya dapat meredakan nyeri haid yang datang tiap bulan. Selain itu, kunyit juga sangat bermanfaat bagi pencernaan dan lambung. Pasalnya, kurkumin yang terkandung di dalam kunyit bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

Kurkumin yang ada dalam kunyit juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin, sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Rempah ini juga mengurangi risiko kanker, meredakan mual, dan mengendalikan gula darah.

Kayu Manis
Meski memiliki embel-embel manis, rempah satu ini ternyata dapat mengontrol gula darah, lho. Antioksidan yang ada di dalam kayu manis membantu mengontrol gula darah. Selain itu, kandungan kalsium, serat, dan mineral membuat kayu manis dapat menjaga kesehatan pencernaan, usus, melindungi dari penyakit jantung, dan kolesterol.

Aroma dari kayu manis juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Bagi Anda yang memiliki masalah hormonal, kayu manis memiliki cinnamaldehyde yang mampu menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormone progesterone, dan mengurangi hormone testosteron pada wanita.

Sereh
Selain bisa mengharumkan masakan, sereh juga bermanfaat bagi tubuh. Dengan rajin mengonsumsi rebusan batang sereh, mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kadar kolesterol, menjaga sistem pencernaan, dan meredakan gejala flu. Selain itu, sereh juga dipercaya mampu meredakan nyeri otot dan sendi, serta menjaga kesehatan mulut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x