Mohon tunggu...
Muhammad Hafiz Ansyari
Muhammad Hafiz Ansyari Mohon Tunggu... Guru - Guru di MIS NOR RAHMAN Banjarmasin

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Haji: Ibadah dan Persaudaraan

30 Mei 2024   03:48 Diperbarui: 30 Mei 2024   05:57 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Haji: Ibadah dan Persaudaraan

Haji merupakan salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim setidaknya sekali seumur hidup, jika memungkinkan. Ibadah haji dilakukan di kota suci Mekah, di Arab Saudi, dan merupakan salah satu rukun Islam yang kelima. Ibadah haji tidak hanya menuntut kesabaran, kepatuhan, dan ketakwaan kepada Allah, tetapi juga memperkuat persaudaraan antara sesama umat Muslim dari berbagai negara di seluruh dunia.

Haji merupakan ibadah yang mempersatukan umat Muslim dari berbagai latar belakang dan suku bangsa. Setiap tahun, jutaan orang dari seluruh dunia berbondong-bondong menuju Mekah untuk melaksanakan ibadah haji. Mereka mengenakan pakaian ihram yang sama, menunjukkan kesederhanaan dan kesetaraan di hadapan Allah. Di sana, tidak ada perbedaan antara kaya dan miskin, hitam dan putih, Arab dan non-Arab; semua dianggap sama di hadapan Allah.

Selama pelaksanaan ibadah haji, umat Muslim berbagi pengalaman dan cerita mereka dengan sesama jemaah. Mereka saling membantu, mendukung, dan menguatkan satu sama lain dalam menyelesaikan rangkaian praktik ibadah haji yang panjang dan melelahkan. Persaudaraan yang terjalin selama haji tidak hanya berlangsung selama ibadah itu sendiri, tetapi juga terus berlanjut setelah kembali pulang ke negara masing-masing.

Pada akhir ibadah haji, umat Muslim diharapkan kembali sebagai individu yang lebih baik --- lebih dekat dengan Allah, lebih sabar, lebih baik dalam bertoleransi terhadap sesama, dan lebih peka terhadap kebutuhan orang lain. Ibadah haji bukan hanya tentang melakukan kewajiban agama, tetapi juga tentang memperkuat persaudaraan, solidaritas, dan kebersamaan dalam jalinan ukhuwah Islamiyah.

Dengan demikian, haji bukan sekadar perjalanan fisik semata, tetapi juga perjalanan rohani dan emosional yang mempersatukan umat Muslim di seluruh dunia dalam satu tujuan dan keyakinan. Ibadah haji mengajarkan pentingnya persaudaraan, saling menghormati, dan tolong-menolong antar sesama Muslim, sehingga menjadikan umat beriman lebih satu, padu, dan kuat dalam menghadapi cobaan dan kesulitan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun