Mohon tunggu...
Hafiz Ramadhan
Hafiz Ramadhan Mohon Tunggu... Programmer - Sr. Software Engineer • IT Security Engineer • Content Creator

Mahasiswa Universitas Pamulang memiliki pengalaman dibidang Software Engineering dan sangat tertarik tentang Cyber Security

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penemuan Celah Keamanan pada Website Kampus Merdeka Kemdikbud

17 Juli 2022   00:45 Diperbarui: 17 Juli 2022   00:45 458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 27 Juli 2021 lalu, saya menemukan sebuah celah keamanan diwebsite Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)

Celah yang saya temukan ini bersifat private akan tapi confidential, dimana dengan memanfaatkan celah ini saya bisa melihat dan mengunduh data-data penting yang berada diserver (cloud) nya kampus merdeka.

Celah tersebut langsung saya laporkan ke Tim IT Kementrian Pendidikan Pendidikan, Riset dan Teknologi. Beberapa saat setelah saya laporkan, mereka langsung kontak saya via Whatsapp dan langsung ajak saya Meeting via Google Meet. Dan celah langsung ditutup dengan baik, Luar Biasa!


dokpri
dokpri

Alhamdulillah tanggapan mereka sangat baik dan saya diberikan Sertifikat Penghargaan sebagai bentuk Apresiasi dan yang lebih spesialnya lagi adalah saya mendapatkan Jalur Khusus untuk Magang di Gojek, namun karena bahasa inggris saya kurang.

Saya gagal mengikuti test yang dilakukan oleh Gojek. Alhasil saya gagal magang di Gojek. Terima kasih Kemdikbud sudah memberikan saya jalur khusus untuk mencoba magang di Gojek!

Dengan adanya peristiwa ini ternyata berita tersebut tersebar hingga masuk ke lingkungan Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang dan saya dipanggil untuk dimintai keterangan dan berita tersebut diposting diwebsite Informatika Universitas Pamulang.
https://informatika.unpam.ac.id/berita/detail/prestasi-mahasiswa-terhadap-sistem-mbkm

Terima kasih Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Universitas Pamulang, semoga keamanan siber khususnya dibidang Pendidikan semakin baik sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

#kemdikbud #unpam #kampusmerdeka

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun