Mohon tunggu...
Hafizh Salsabila P
Hafizh Salsabila P Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Malang

Haus akan menulis

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cyber Ethic atau Etika Siber Ketika Menghadapi Dunia Kerja

21 November 2020   13:54 Diperbarui: 21 November 2020   13:56 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cyber Ethic atau Etika Siber Ketika Menghadapi Dunia Kerja
thejournal.cii.co.uk

Bagi sebagian orang mungkin tidak asing lagi dengan kata Cyber Ethic. Namun, bagi sebagian lainnya banyak juga yang tidak mengetahui bahkan tidak pernah mendengar kata Cyber Ethic. Lalu sebenarnya apa itu pengertian dan hakikat dari Cyber Ethic ?

Sebenarnya dari namanya saja pasti sudah terbayang gambaran tentang pengertian dari Cyber Ethic, pastinya adalah suatu hal yang berhubungan tentang dunia maya dan berhubungan dengan etika. Namun, agar tidak salah langkah mengambil pengertian berikut adalah pengertian dari Cyber Ethic yang sebenarnya dikutip dari laman Wikipedia Indonesia. Etika siber atau Etika Dunia Maya adalah studi tentang etika sebagai cabang dari ilmu filsafat yang berkaitan dengan etika komputer dari pemakai internet dan membahas mengenai perilaku pengguna dunia maya serta apa yang dilakukan mereka pada dunia siber tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa Cyber Ethic atau dalam Bahasa Indonesia adalah Etika Siber merupakan suatu studi tentang bagaimana kita menggunakan dunia maya yang baik dan benar tanpa menggangu pengguna dunia maya orang lain. Dunia Maya sendiri sangat luas dan mencakup berbagai hal, khususnya pada era saat ini dimana perkembangan semakin pesat dan hampir keseluruhan kegiatan dapat dilakukan melalui dunia. Bahkan banyak juga orang yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja melalui dunia maya ini salah satu contohnya adalah Programmer yang mencari proyek dan mengerjakan proyek melalui dunia maya.

Nah, dalam artikel ini akan dikhususkan untuk membahas Cyber Ethic didalam dunia kerja saja. Apa saja yang harus kita lakukan ketika menggunakan dunia maya sebagai ladang mata pencaharian kita ? Lalu bagaimana juga cara kita beretika yang lebih baik dengan rekan kerja kita di dunia maya ? Hal-hal semacam itu akan dibahas pada artikel ini.

Kebanyakan orang yang bekerja dengan memanfaatkan dunia Cyber umumnya pekerjaanya juga tidak jauh dari yang namanya dunia cyber atau internet itu sendiri. Seperti seorang Programmer yang mempunyai pekerjaan untuk melakukan build atau maintenance suatu website, hal ini masih di dalam lingkup dunia cyber itu sendiri.

istockphoto
istockphoto
Namun, di dalam dunia cyber yang cukup luas itu terdapat beberapa aturan tak tertulis yang seharusnya diterapkan dalam dunia kerja agar tercapainya rasa aman dan nyaman. Berikut adalah beberapa Cyber Ethic tersebut :
  1. Menjaga nama baik orang lain
    Internet tidak memiliki batas dan dapat diakses oleh siapapun, hal ini menyebabkan berbagai golongan dapat masuk dan mengakses dunia internet atau dunia cyber ini. Tidak sedikit juga orang yang memiliki niat buruk untuk menjatuhkan lawan kerjanya atau membuat nama dari lawan kerjanya menjadi buruk di hadapan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
    Hal seperti inilah yang seharusnya dihindari oleh orang yang sama-sama mencari kehidupan di dunia maya, saling menjaga nama baik dan tidak saling menjatuhkan, karena apabila terjadi hal seperti ini maka bekasnya sulit untuk dihilangkan dan akan tetap ada jejak digital di dunia maya ini.

  2. Menjaga informasi berharga
    Sebagai rekan kerja yang baik, patutnya kita saling menjaga informasi antara satu dengan yang lainnya. Tidak sedikit orang yang tidak mau identitasnya diketahui oleh banyak orang, oleh karena itu kita sebagai orang yang sama-sama mencari kehidupan melalui dunia maya wajib menghormati keputusan tersebut.

    Jika melakukan kerja sama dengan suatu perusahaan, maka jagalah informasi penting perusahaan tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang lain di dunia maya ini. Karena apabila data tersebut bocor, maka pastinya perusahaan tersebut akan mengalami kerugian bahkan dapat bangkrut dan berimbas kepada orang-orang yang menggantungkan hidupnya terhadap perusahaan tersebut. Jadi hormatilah informasi penting dan identitas rekan kerjamu.

  3. Berbahasa yang baik
    Banyak orang yang merasa sakit hati karena bahasa yang digunakan oleh rekan kerjanya, hal seperti ini dapat menimbulkan kerenggangan hubungan dalam dunia kerja dan dapat membahayakan kerja sama jika tidak segera diselesaikan dalam waktu yang cepat. Sebaiknya sebagai seorang yang memiliki etika dalam bekerja di dunia maya, kita patutnya menghindari yang seperti ini.

    Komunikasi memang suatu hal yang sangat penting jika kita melakukan kerja sama dalam dunia maya, namun bahasa yang digunakan haruslah bahasa yang baku dan dapat dimengerti oleh seluruh orang sehingga akan menimbulkan rasa yang nyaman antar rekan kerja dan dapat mempererat hubungan kerja sama.

  4. Tepati janji dan kontrak
    Ketika menjalin hubungan kerja sama baik melalui dunia maya ataupun melalui dunia nyata, pastinya akan disuguhkan oleh kontrak kerja atau perjanjian ketika melakukan pekerjaan. Banyak orang yang menganggap bahwa kontrak atau perjanjian adalah suatu hal yang biasa saja dan hanya sebatas tulisan aturan batasan tentang pekerjaan kita.

    Khususnya di dunia maya yang realitanya tidak pernah bertemu satu sama lain secara langsung, kontrak atau perjanjian kerja ini merupakan hal yang cukup penting. Jadi apabila telah menjalin kerja sama maka pastikan anda menepati dan juga menghormati kontrak-kontrak yang telah tertulis dan disepakati bersama tersebut agar hubungan kerja sama tetap terjaga baik sampai mencapai tujuan yang diinginkan.

  5. Bertanggung jawab dan Profesional
    Jadilah seorang rekan kerja yang bertanggung jawab saat menjalin kerja sama di dunia maya, bekerja melalui dunia maya tidak akan pernah ada yang mengawasi pekerjaanmu. Jadi alangkah baiknya jika kita sadar diri untuk bertanggung jawab atas apapun yang telah dilimpahkan kepada kita dan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan hal tersebut agar menjadi seorang rekan kerja yang bertanggung jawab.

    Serta jadilah rekan kerja yang juga profesional, hal yang dimaksudkan disini adalah jangan pernah mencampurkan masalah pribadi dengan kehidupan kerja di dunia maya. Banyak orang tidak sadar ketika mereka mendapatkan suatu masalah maka mereka tidak dapat membedakan porsi masalah tersebut, sehingga akibat yang ditimbulkan adalah putusnya kerja sama. Khususnya ketika bekerja melalui dunia maya, dimana kita tidak akan pernah tau keadaan rekan kerja kita, jadi pintar-pintarlah membedakan lingkup masalah yang didapatkan.

thinkstock
thinkstock
Selain itu, sangat banyak etika yang harus diterapkan ketika kita mencari ladang pekerjaan di dunia maya karena sejatinya dunia maya itu sangat luas dan tak terbatas. Semua tergantung terhadap pemakainya, apakah akan memilih menggunakan dunia maya ini untuk mencapai tujuan mulia dan bermanfaat atau malah menggunakannya untuk mencapai tujuan yang hanya mengutamakan kepentingan pribadi. Be Smart People!

VIDEO PILIHAN