Mohon tunggu...
Hafidz Pradipta
Hafidz Pradipta Mohon Tunggu... Work Hard

Work Hard Pray Hard

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mencengangkan, Mahasiswa KKN Undip Berhasil Membuat Tempat Cuci Tangan di Sekitar Rumahnya

14 Agustus 2020   18:45 Diperbarui: 14 Agustus 2020   19:07 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencengangkan, Mahasiswa KKN Undip Berhasil Membuat Tempat Cuci Tangan di Sekitar Rumahnya
Peresmian Pembuatan Tempat Cuci Tangan Oleh Ketua RW 030 dan Ketua RT 003. Dok. pribadi.

Lokasi : Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Tanggal Kegiatan : 20 -- 26 Juli 2020           

Semarang (28/7) - Kegiatan minggu ke-3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Undip 2020 yang dilaksanakan oleh mahasiswa Undip di RT 003/RW 030, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah diisi dengan program kerja edukasi dan langkah nyata "Cuci Bersih Tanganmu, Lawan Covid-19". Kegiatan ini dilakukan sebagai realisasi dari himbauan World Health Organization (WHO) untuk mencegah potensi penularan virus Covid-19 dengan menjaga kebersihan diri salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara baik dan benar. Selain itu, dari hasil observasi pada minggu pertama kegiatan KKN menunjukkan bahwa di wilayah RT 003/RW 030 Kelurahan Sendangmulyo belum terdapat tempat mencuci tangan untuk umum. Hal tersebut mendorong mahasiswa KKN di wilayah tersebut untuk melakukan kegiatan "Cuci Bersih Tanganmu, Lawan Covid-19" sebagai salah satu program kerja KKN yang dilakukan sebagai tindak lanjut mengenai tema Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan "Cuci Bersih Tanganmu, Lawan Covid-19" dengan melakukan pembuatan tempat cuci tangan di wilayah RT 003/RW 030 Kelurahan Sendangmulyo. Tempat cuci tangan dibuat di tempat yang strategis, yang sekiranya menjadi tempat untuk warga berkumpul saat sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Sebelum pembuatan tempat cuci tangan dimulai, Ketua RW 030 dan Ketua RT 003 turut serta dalam peresmian dan peletakan batu pertama untuk pembuatan tempat cuci tangan yang disaksikan oleh beberapa warga.  Saat pembuatan tempat cuci tangan, banyak warga yang menyaksikan dan antusias membantu selama pembuatannya.

Penempatan tempat cuci tangan di sekitar taman perumahan menjadikannya sangat bermanfaat. Banyak warga yang menggunakannya dikala melewati taman, beberapa anak kecil yang bermain di taman turut serta menggunakan tempat cuci tangan tersebut. Tak lupa, di sekitar tempat cuci tangan diberi poster panduan untuk mencuci tangan yang sesuai dengan anjuran pemerintah. Poster dicetak cukup besar dan menggunakan gambar edukatif agar mudah dibaca dan dipahami warga.

Salah satu anak melakukan cuci tangan. Dok. pribadi.
Salah satu anak melakukan cuci tangan. Dok. pribadi.

Harapannya setelah ada tempat cuci tangan dan poster edukasi mencuci tangan, warga RT 003/RW 030 Kelurahan Sendangmulyo dapat menerapkan cuci tangan mandiri di rumahnya dan juga memulai pembuatan tempat cuci tangan untuk di depan rumah masing-masing warga.

#KKNtimIIperiode2020
#p2kknundip
#lppmundip        #undip
#KKNUndipTembalang

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x