Mohon tunggu...
hafidz NDP
hafidz NDP Mohon Tunggu... untitle

Ciptaan tuhan untuk pelestarian dunia. Tidak perduli dengan ketenaran hanya berharap perubahan menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Langkah Awal Indonesia dalam Memanfaatkan Bonus Demografi

18 Februari 2020   06:29 Diperbarui: 18 Februari 2020   06:36 210 0 0 Mohon Tunggu...

Saat ini Indonesia telah memasuki fase awal bonus demografi, dimana usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan yang belum atau sudah tidak produktif. Menurut para ahli, Fase bonus demografi Indonesia diperkirakan hanya sampai di tahun 2045 bertepatan dengan ulang tahun Indonesia yang ke-100. Moment ini seharusnya dapat menjadi sebuah moment perayaan bagi Indonesia.

Banyak sekali seminar-seminar, Koferensi, kajian-kajian hingga diskusi yang diadakan oleh para Akademisi, Lembaga Masyarakat, dan juga Pemuda-pemudi indonesia. Seolah-olah mereka berharap Indonesia dapat memanfaatkan fase ini dengan baik, karena fase emas ini merupaka fase yang sangat menentukan nasib Indonesia kedepan. 

Apakah akan membuat indonesia maju atau tidak. Fase ini juga merupakan fase langka yang tidak semua negara dapat menikmatinya. Bonus demografi merupakan momentun terbaik yang dapat dijadikan pijakan agar dapat melompat lebih tinggi.

Ada beberapa negara yang sudah memasuki fase bonus demografi dan berhasil memanfaatkanya dengan baik, Seperti Jepang, Korea dan China. Dulu mereka adalah negara yang miskin dan sangat memprihatinkan. Namun kini mereka berhasil mengambil manfaat dari bonus demografi dan menjadikan negaranya menjadi negara yang maju. 

Keberhasilan tersebut bukan lah dari hasil proses kerja yang alami, melainkan dari strategi-strategi yang dibangun untuk mendapatkan manfaat ekstra. 

Korea selatan yang penduduknya sangat anti dengan barang impor dan sangat mencintai produk dalam negerinya dan juga jepang yang menggenjot Pendidikan dan Industrinya, serta membangun budaya disiplin merupakan Strategi-strategi yang dibangun untuk memanfaatkan bonus demografi.

Tapi ada juga yang tidak berhasil memanfaatkan bonus demografi ini, Seperti Brasil dan Afrika Selatan. Kedua negara tersebut pernah memasuki fase bonus demografi, Namun kini keadaan kedua negara tersebut sama saja dari keadaan sebelumnya, tidak ada perkembangan yang signifikan. Kegagalan tersebut dikarenakan kondisi negara yang tidak stabil dan sering sekali mengalami resesi. 

Indonesia yang mulai memasuki tahap fase emas ini seharusnya bisa mengambil pelajaran dari negara-negara tersebut, baik yang gagal maupun yang telah berhasil memanfaatkanya.

Lalu bagaimana keadaan dan peluang untuk indonesia?

Jika kita melihat keadaan diatas seharusnya kita lebih diuntungkan dengan adanya fase emas ini. Keuntungan tersebut dapat Dilihat dari Sumber Daya Alam yang melimpah, teknologi yang sudah canggih dan Pasar bebas yang terbuka lebar. 

Berbeda dengan Fase emas yang dialami Jepang maupun korea dimana keadaan politik international nya sedang tidak baik-baik saja dan juga teknologi yang belum secanggih saat ini. Keuntungan ini seharusnya dapat membuat Indonesia melompat lebih tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
18 Februari 2020