Mohon tunggu...
Lastito Hafid
Lastito Hafid Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Sekedar sedikit belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Money

Anda Puas atau Tidak?

27 Februari 2017   11:37 Diperbarui: 27 Februari 2017   20:00 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Apakah kita sering mengalami kondisi dibawah ini ? , saya yakin pernah bahkan sangat sering kita saling mengungkapkan kekecewaan kita terhadap suatu produk kepada teman atau sahabat kita. Dalam proses bagaimana suatu produk sampai ke konsumen terdapat 3 komponen yang sangat penting untuk keberhasilan suatu produk di pasaran. Ke tiga komponen tersebut adalah perusahaan, konsumen, dan pesaing. dari ketiganya tentu saja pesaing adalah kompetitor yang nyata sedangkan konsumen bisa menjadi lawan dan bisa juga menjadi lawan

Dalam sebuah reuni sekolah yang notabene mayoritas mereka tidak pernah bertemu lagi 10 tahun atau bahkan mungkin 20 tahun lebih, terjadi sebuah percakapan antara dua orang sahabat lama :

Ole : Wah kapok aku beli produk ini, pokoknya kecewa berat.

Oye : Lho kenapa, kan bisa komplain ke perusahaan apalagi masih ada garansi kan.

Ole : Kalau itu sudah bro, tapi yha biasa males aku komplain garansi kayak gitu. Sama saja pasti lama dan berbelit-belit, dengan alasan itu lah macem macem

Oye ; Itu kan produsen ternama lho bro, kan pasti aku yakin pasti pelayanan after sales nya bagus. lihat wae slogannya " Anda tidak puas, kami ganti baru". Lagian lihat saja jaringan servicecenter nya juga banyak.

Ole : Aku kapok bro sekarang, sepertinya fokus kepuasan pelanggan dan layannan after sales nya mungkin hanya sebuah slogan saja... "gelo" aku bro... . mungkin saudaraku gak akan aku rekomendasikan bei produk ini, atau tak upload ke medsos saja yha bro... :D

Oye : Waduh ...??????

Jika kita lihat dialog diatas, dapat dilihat suatu kondis yang menunjukan bahwa konsumen bisa menjadi lawan. Pada percakapan terakhir posisi konsumen saat ini berada dalam era keterbukaan informasi yang mungkin akan berdampak pada kemudahan untuk menyampaikan kekecewaan akan suatu produk secara terbuka atau bahkan mendapatkan informasi produk pesaing dan  melompat dari satu produk dan jasa ke produk dan jasa pesaing. Kondisi tersebut akan menuntut  setiapprodusen  untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggannya jika tidak ingin ditinggalkan pelanggan.Keterbukaan informasi saat ini juga dapat digunakan par pesaing untuk menyerang kompetitor lainnya.   

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun