Mohon tunggu...
Hafidh RestuPranika
Hafidh RestuPranika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kolaboratif Jember Kelompok 159: Desa Kemiri Sebagai Desa Wisata

9 Agustus 2022   12:10 Diperbarui: 9 Agustus 2022   12:18 68 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKN Kolaboratif Kelompok 159 diterjunkan oleh Pemkab Jember pada tanggal 23 Juli 2022 di Desa Kemiri, Kecamatan Panti untuk mengetahui potensi wisata di Desa Kemiri. Desa Kemiri terdiri dari enam dusun, yaitu Dusun Kantong, Dusun Delima, Dusun Danci, Dusun Sodong, Dusun Tenggiling, dan Dusun Krajan. Pada kesempatan kali ini mahasiswa yang diterjunkan ke Desa Kemiri berkesempatan melihat keadaan wisata di desa Kemiri. Di desa tersebut memiliki beberapa destinasi wisata.

Objek wisata merupakan salah satu penyokong perekonomian suatu daerah. Pengembangan desa wisata adalah salah satunya, desa wisata dapat meningkatkan perekonomian suatu desa. Desa yang memiliki potensi wisata dan dikelola dengan baik akan berpotensi mendatangakan wisatawan yang akan berefek dalam peningkatan pemasukan desa, perkembangan UMKM, maupun tatakelola desa. Salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Jember adalah “Desa Wisata Kemiri” yang berada di Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Desa Kemiri merupakan desa yang terkenal edukasi wisata (eduwisata) penghasi kopi Arabika dan Robusta dengan ketinggian 600 – 1250 mdpl. Terdapat juga UKM di bidang produksi jamur tiram putih dengan bahan dasar kulit kopi, produksi asap cair untuk minyak atsiri, produksi bibit kopi arabika dan robusta, sayuran segar, serta UKM lainnya yang menghasilkan produk makanan kemasan.

Pada Kamis, 28 Juli 2022, Kelompok 159 KKN Kolaborasi Jember yang terdiri dari mahasiswa Universitas Jember, Universitas dr.Soebandi, dan IAI Al-Qodiri berdiskusi dengan Kelompok Sadar Wisata (PokDarWis) Kemiri mengenai potensi, pengelolaan, dan promosi wisata di Desa Kemiri. Desa Kemiri yang berada di lereng Gunung Argopuro memiliki keindahan alam dengan berbagai potensinya. Desa Wisata Kemiri adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan pilihan wisatawan untuk berekreasi melepas penat.

Destinasi Wisata Desa Kemiri

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Ada beberapa destinasi pilihan seperti Wisata Perkebunan dan Air Terjun Tancak di Gunung Pasang, Wisata Sungai di Boma, Wisata Kebun Kopi Danci, Kemiri Resort, JCC(Jember Coffe Center), Wisata Sawah, Wisata Petik Jeruk, Cafe Sawah, Wisata Museum Banjir Bandang, dan Kemiri Adventure (Trail, MTB).

KKN Kolaboratif Diskusi dengan PokDarWis Desa Wisata Kemiri

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Ilham Felani selaku Ketua PokDarWis menuturkan, “Ada pilihan paket yang dapat dipilih wisatawan jika ingin berwisata ke Desa Wisata Kemiri, yaitu Paket Sepeda, Walking Tour, Special Adventure, Tamasya Jelajah Kemiri, Edufan Jember Coffee Center, serta Kemiri Outbond. Wisatawan juga akan mendapatkan fasilitas pendampingan dari tour guide dari pemuda setempat yang telah bersertifikat.

KKN Kolaboratif Jember Kelompok 159 dengan Kelompok Sadar Wisata (PokDarWis) Desa Kemiri bersinergi untuk meningkatkan promosi Desa Wisata Kemiri agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal dan datang berwisata ke Desa Wisata Kemiri. Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Desa Kemiri, pemasukkan desa dan UMKM juga akan mengalami kemajuan sehingga masyarakat semakin sejahtera.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan