Mohon tunggu...
hafid fikri
hafid fikri Mohon Tunggu... Student

Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Media

Manfaat Instagram sebagai Media Percepatan dan Media Pemasaran

7 Desember 2019   12:52 Diperbarui: 7 Desember 2019   13:14 19 0 0 Mohon Tunggu...

Pada era digitalisasi, media sosial saat ini telah menjadi trend dalam komunikasi pemasaran. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Ada beberapa media sosial yang sedang booming saat ini antara lain Whatsapp, Instragam, Twitter, Line, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Seseorang pasti memiliki berbagai motivasi dalam menggunakan media sosial. 

Sekedar untuk berkomunikasi dengan orang lain, untuk mencari tahu perkembangan sesuatu, untuk berbagi informasi maupun untuk mengikuti salah satu yang menjadi trend saat ini yaitu menggunakan media sosial sebagai bentuk eksistensi diri. 

Bagi orang-orang yang ingin diakui eksistensinya oleh masyarakat luas melalui media sosial biasanya akan menggunakan media sosial yang bersifat terbuka seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, Line, atau Twitter (eprints.ums.ac.id).

Media Sosial juga merupakan sebuah tempat interaksi individu maupun kelompok guna untuk melakukan aktifitas berbagi ilmu, bersosialisasi, bertukar informasi, dan pada intinya berbaur dan bergabung dengan orang lain. Kata Sosial Media mungkin menjadi sangat populer ketika Facebook, Twitter, dan juga Instagram mulai dikenal oleh banyak kelompok pengguna Internet(netizen), karna di dunia media social inilah seseorang bias berbagi ide-ide, memberikan pendapat, beradu gagasan, dan juga memberikan konten-konten yg kreatif guna menarik simpati dalam komunikasi virtual, dan bias juga menghadirkan cara berkomunikasi yang bisa di katakana masih sangat baru dengan menggunakan/memanfaatkan teknolog yang ada.

Hal ini yang kemudian menjadikan kata Sosial Media dan Internet menjadi tidak terpisahkan dan tidak asing bagi pendengaran kita, maka dari itu tak heran jika setiap orang mendengar kata edia social orang langsung yang terpikirkan adalah instagram, facebook, twitter, blogging, youtube, dan juga aplikasi-aplikasi yang sudah ada guna sebagai alat penghubung/iteraksi setiap individu di dalam dunia maya (intenet).

Dengan adanya teknologi informasi setiap individu tidak harus dengan langsung bertatap muka kepada siapa pun. Sat ini manusia kini sudah mulai beralih melakukan percakapan tulisan dari pada yang sebelumnya melakukan percakapan secara lisan. 

Kini internet juga sangat berperan dalam digtalisasi penggunaan teknologi sebagai sarana pengiriman pesan, selain dari internet, handphone juga dapat mengirim pesan secara lisan maupun tulisan. Internet sebagai salah satu alternativ masyarakat modern sebagai sumber informasi paling popular dan utama, karna tidak dapat di pungkiri juga informasi yang jaringannya tersebar hingga ke seluruh bagian bumi satu-satunya ialah internet, internet juga memudahkan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan mengenai informasi-informasi terupdaate secara dengan mudah. 

Saat ini manusia lebih sering berkomunikasi melalui internet dari pada berkomuniasi langsung secara tatap muka, karena tidak dapat di pugkiri hal tersebut memudahkan setiap individu dapat berinteraksi dan bekomunikasi yang tanpa batas, dengan kemudahan tersebut jutaan bahkan miliaran manusia dari seluruh belahan dunia dapat berinteraksi menggunakan internet sehingga terbentuknya situs jejaring social yang baik. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang ada yaitu umumnya adalah individu atau organisasi yang dijalin dengan satu atau lebih seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan,dll.

Dalam perkembangan dunia teknologi yang sudah semakin sangat inovatif dan selalu mengalami peningkatan, tanpa di sadari oleh banyak kalangan bahwa teknologi yang ada saat ini  telah memberikan dampak baik secara langsung kepada masyarakat umum terutama bagi generasi muda, karna generasi muda(milenial) ini lahir di saat banyak teknologi juga mulai bermunculan. 

Oleh karna itu banyak generasi muda yang dapat mengakses dengan mudah melalui smartphone (telepon pintar) kapan saja dan dimana saja oleh pemiliknya. Platform-platform di dalam media sosial sangat banyak ragamnya. Kemunculan aplikasi-aplikasi seperti instagram, facebook, youtube dsb, menjadi terobosan awal di dunia media sosial dengan pengguna yang begitu banyak, bahkan mencapai ratusan bahkan miliaran user-user yang telah tergabung di dalamnya. disusul oleh platform -- platform media sosial yang lain seperti twitter, path, dan snapchat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x