Haendy Busman
Haendy Busman pegawai

mengamati dan menulis walau bukan seorang yang "ahli" | Twitter @haendy_busman | Footballism

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Update ala Kurio: Ketika Aplikasi Menginformasikan Indonesia

12 September 2017   18:22 Diperbarui: 14 September 2017   01:02 216 0 0
Update ala Kurio: Ketika Aplikasi Menginformasikan Indonesia
Tab berita lokasimu Kurio (dok pri)

Menerima berita terhangat hari ini tak hanya dari koran ataupun televisi. Perkembangan zaman yang melahirkan evolusi bernama smartphone melahirkan kemudahan dan merubah peradaban manusia seutuhnya. Dalam kondisi ini banyak aplikasi yang menjadi bagian kehidupan salah satunya Kurio, salah satu aplikasi karya anak bangsa.

Aplikasi Kurio ini adalah aplikasi pembaca dan konten berita buatan Indonesia. Dilihat tampilannya boleh dibilang Kurio berani tampil unik dan berbeda karena biasanya aplikasi pembaca berita di Android tampilannya membosankan. Nah tampilan Kurio ini membuat kegiatan membaca berita di Android menjadi menyenangkan dan membuat betah mata. Aplikasi ini bisa diunduh pada Google Playstore yang versi termuktahir adalah versi 3.2. Aplikasi ini sudah diunduh hingga 1 juta lebih di Android, untuk pengguna Iphone aplikasi Kurio juga tersedia di App Store.

Awal masuk menu aplikasi Kurio kita langsung disuguhi tampilan desain dan user experience yang unik, enak dilihat, dan mudah digunakan. Sepertinya developer dan desainer aplikasi Kurio mengembangkan desain aplikasi dengan lebih baik dibanding aplikasi pembaca berita yang lain. Pilihan warnanya dan susunan menunya memudahkan penggunanya untuk membaca berita yang ada dan tidak mengalami kesulitan dalam pemakaian.

Sebelum berselancar hendaknya anda masuk melalui akun, walaupun bisa mengakses aplikasi Kurio, namun saya memilih mencoba memiliki akun di Kurio. Ada proses pendaftaran yang harus dilewati, namun jika tidak ingin ribet bisa masuk melalui akun Facebook atau Google. Untuk proses pendaftaran, pengguna smartphone cukup mengisi nama, email dan sandi untuk memiliki akun di Kurio. Kemudian anda akan dikirim email ucapan terima kasih dari Kurio beserta pertanyaan untuk masukan bagi aplikasi Kurio. Ya sebuah cara tak biasa Kurio untuk menyampaikan kehangatannya.

Kemudian masih dari menu Akun ada fitur Jangan Lewatkan yang merupakan fitur teratas jika anda sudah memiliki akun di Kurio. Fitur ini sepertinya buah dari kecerdasan buatan yang akan memilih berita mana yang paling hangat dan update minggu ini. Dan saat di akun Kurio saya dikirim berita tentang pernikahan Laudia Cynthia Bella.

Fitur Jangan Lewatkann Kurio (Dok pri)
Fitur Jangan Lewatkann Kurio (Dok pri)

Fitur yang tersedia berikutnya dalam aplikasi ini yaitu Atur. Dengan fitur ini pengguna bisa memilih sendiri topik berita apa yang diinginkan tanpa harus mencarinya lagi. Kita bisa menambahkan topik berita baru pada aplikasi Kurio ini sesuai kebutuhkan dan selera masing-masing, selain menambahkan fitur ini juga bisa menghapus topik yang kurang diminati. Terdapat banyak sekali topik yang beragam, yang menjadi keunggulan tersendiri aplikasi Kurio ini.

Kemudian ada Fitur Tersimpan dengan lambang badge untuk berita yang telah disimpan agar dibaca nanti atau berita yang menarik. Kemudian ada fitur Kode  Promo, jika Kurio sedang membuat promo, Kemudian Fitur Undang Teman, untuk lebih banyak menambah pengguna Kurio, dan fitur Kirimkan Saran dan Berikan Ulasan yang menurut saya merupakan sebuah fitur yang akan membuat Kurio tambah besar karena mau menerima pendapat pengguna.

Bicara Konten yang disajikan di menu  Kurio bisa dibilang beragam, ada Top Stories, lokasimu, unix, Celebs, Asmara, Tekno, Bola, News, Oto, Health, Life, Style, Travel, Bisnis. Bisa ditambah dipojok pilihan kemudian masuk ke sub menunya dan pilihan topik berita menjadi sangat beragam seperti Entertainment, Automotive, Marketing, Sports, Self Improvement, Arts&Design, Tech Development, Religion &Spirituality dan Local Goverment. Berita yang disajikan dalam topik pun juga dari berbagai sumber berita online seperti kompas.com, jpnn.com, bolasport.com dan banyak lagi. Masing-masing menampilkan berita terupdate dari tiap topik yang ada.

Di dalam tab Search Kurio di atas sebelah kiri, pengguna dapat mencari berita, sebagai contoh pengguna memilih berita CPNS, maka akan keluar berbagai situs berita yang menayangkan artikel tentang seleksi CPNS 2017, benar-benar update. Tercatat situs berita seperti  seperti jpnn.co.id, harianlampung.com, harianjogja.co.id menjadi pilihan teratas yang membahas topik tersebut. Kita akan disuguhi headline berita CPNS yang terllihat digambar diupdate satu jam yang lalu pada pukul 00.57 dari jpnn.com. Masih banyak yang bisa dipilih dari berbagai situs yang memuat berita jika menscroll ke bawah.



Tab search Kurio yang berisi berita CPNS (dok pri)
Tab search Kurio yang berisi berita CPNS (dok pri)

Kemudian ada tab lokasimu, yaitu Kurio akan mencari berita yang paling hangat di daerah lokasi tempat tinggal pengguna seperti jika anda memilih DKI Jakarta maka pada pukul 01.O2 Kurio memunculkan bagaimana polemik kasus Munir menjadi yang teratas. Dan Kurio akan melakukan pembaharuan berita secara terus menerus dari semua situs berita yang ada,terlihat digambar berita update hingga 1 menit yang lalu wow.

Untuk tab Tekno, Kurio pada puku; 01.06 memunculkan berita terakhir dari telset.id yang merupakan update terakhir dari berita tekno di situs berita di Indonesia yang sudah berselang 2 jam. Berita pun mengulas tentang produk terbaru smartphone Xiaomi yaitu Mi Mix 2 yang punya empat varian. Selain itu ada berita tekno dari situs seperti vebma.com yang berjarak 2 jam dari berita terakhir.  

Tab Tekno Kurio (Dok Pri)
Tab Tekno Kurio (Dok Pri)

Jika anda bosan baca berita maka Kurio menampilkan berita dalam bentuk video yang berada pada bagian bawah. Beberapa media online pun sudah mengeluarkan pernyataan mengenai Kurio seperti detik.com yang berkomentar "Aplikasi informasi yang bikin penasaran", Kemudian tempo.co berkomentar "Aplikasi ini enak dilihat dan nyaman", ada dari Techinasia Indonesia yang berkomentar "Aplikasi ini menunjukkan bahwa kualitas developer lokal bisa bersaing dengan aplikasi-aplikasi developer luar". 

Secara keseluruhan aplikasi Kurio ini berjalan sangat baik, dengan konsep banyak sumer, bebas hoax dan selalu update membuat pilihan menarik bagi pengguna namun jika koneksi internet sedang bermasalah  maka seringkali aplikasi ini menampilkan eror meskipun tidak sampai menutup sendiri.
Salam Baca Online.