Mohon tunggu...
Haendy B
Haendy B Mohon Tunggu... Blogger, Football Anthutsias

mengamati dan menulis walau bukan seorang yang "ahli" | Footballism

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Nangkring Bareng Kuldon Sariawan: Jangan Anggap Remeh Sariawan, Jangan Anggap Remeh Obat Herbal

1 Juni 2014   06:38 Diperbarui: 23 Juni 2015   21:52 250 0 1 Mohon Tunggu...

Anda mungkin bertanya apa itu sariawan karena sering mengalaminya, atau tidak sadar sedang mengalami sariawan karena tidak mengetahui tandanya. Baiklah sariawan adalah lingkaran besar di sekitar area mulut, biasanya berwarna putih dan agak bergelembung. Hal ini menganggu aktivitas si penderita sariawan. Sariawan yang merupakan salah satu penyakit mulut paling umum dan banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini menyebabkan keluhan yang akan mempengaruhi penampilan serta sifat-sifat dari sipenderita yang spesifik.

Hampir setiap orang yang pernah mengalami Sariawan , baik ringan maupun berat akan memberikan kesan bahwa sariawan dapat menggangu fungsi fisiologis seseorang seperti gangguan bicara, mengunyah dan menelan. Dan ternyata berdasarkan penelitian, wanita lebih sering mengalaminya dibandingkan pria.  Biasa ini disebabkan seperti faktor stress (faktor predisposisi Sistemik) yang memicu penurunan hormon yang akan membuat produksi air liur yang berfungsi menghalangi sariawan berkurang.

Apa itu Sariawan

Dari sisi medis, sariawan atau dalam istilah medis disebut Stomatitis Aphthosa Reccurrent (SAR) adalah suatu bentuk peradangan yang terjadi di mukosa mulut (pipi,bibir,lidah,bawah lidah, cekungan antara pipi atau bibir dengan gusi), bentuk luka berupa cekungan (ulser) dangkal, tepinya jelas dan beraturan, bentuknya bulat atau oval. Ada 3 macam bentuk klinis SAR yaitu SAR minor mayor (besar) dan SAR herpetiform (mirip infeksi virus Herpes). Sariawan biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan terkadang menimbulkan peradangan.

Sariawan biasanya disebabkan banyak hal seperti faktor genetik dan faktor predisposisi seperti kelelahan, gangguan imunitas, hormonal, anemia, alergi defisiensi nutri/vitamin. Agar terhindar dari SAR, dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, menghindari faktor yang memicu kambuhnya SAR, menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut, merawat penyakit yang diderita dan patuh pada pengobatan.

Nangkring Bareng Deltomed

Untuk menjawab kegalauan akan sariawan, PT Deltomed Laboratories sebagai perusahaan farmasi nasional berbasis herbal berinovasi dengan memperkenalkan Kuldon Sariawan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat yang menyukai obat herbal. PT Deltomed Factories sedang melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial atau dengan dunia informasi teknologi melalui microblogging Kompasiana. Turut serta juga untuk mengundang para blogger menikmati sensasi obat herbal yang asli Indonesia. Diacara tersebut hadir 3 pakar penting yaitu Pak Nyoto Wardoyo selaku Presiden Direktur PT Deltomed Laboratories, Dr. Drg Dewi Priandini selaku dokter ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti dan DR. Abrijanto SB, Business Development Manager PT Deltomed Laboratories.

Pak Nyoto Wardoyo selaku Presiden Direktur PT Deltomed Laboratories menjelaskan dalam acara nangkring tersebut bahwa Kuldon dibuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi dewasa dan anak diatas usia 6 tahun. Kuldon Sariawan juga telah melewati pemeriksaan berdasarkan Simplisia (sesuai Farmakope Herbal Indonesia),  Ekstrak untuk meneliti organoleptis, kadar air, waktu alis, bulk densitu, keseragaman bobot, waktu hancur serta banyak lagi, jadi bisa dibayangkan bagaimana ketatnya proses sertifikasi Kuldon Sariawan.

Lebih lanjut dijelaskan proudk Kuldon Sariawan yang dihasilkan oleh Deltomed sudah memiliki sertifikasi halal dan berdasrkana sertifikat cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB) serta berdasarkan ISO 9001-2008 yang akan mengukuhkan Kuldon Sariawan sebagai obat berkualitasanda mungkin bertanya apa itu sariawan, sariawan dari foto ini adalah lingkaran besar di sekitar area mulut, Putih dan nampaknya akan menggangu aktivitas orang tersebut. Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang paling umum dan banyak diderita oleh masyarakata. Penyakit ini akan menyebabkan keluhan akan penampilan serta sifat-sifat yang spesifik.

Ada juga bu dokter Dr. Drg Dewi Priandini yang lebih menyorot penyebab Sariawan dan juga pola penyebarannya berdasarkan jenis kelamin. Yang pertama dijelaskan penyebab Sariawan berdasarkan faktor predisposisi lokal dimana ini berkaitan dengan kondisi alergi seperti alergi terhadap Sodium Lauryyl Sulfat pada pasta gigi, obat-obatan jenis NSAID, atau mikrobilologi serta alaergi terhadap coklat, keju dan kopi. Ada juga faktor trauma seperti trauma mekanis, kimiawi dan thermal. Faktor Trauma seperti anastesis lokal, trauma tergigit, cara penyikatan gigi, makana dan minuman. Dijelaskan bahwa trauma dapat merobek mukosa sehingga memperparah ulser yang sudah terjadi.

Dijelaskan pula oleh bu dokter yaitu faktor predisposisi sistemik yaitu seperti stress dan gangguan hormonal. Untuk stress biasanya dialami oleh sosial ekonomi keatas dan juga sosial ekonomi kebawah. Faktor stress dapat mengakibatkan penurunan hormon yang membuat berkurangnya aliran air liur. Untuk faktor hormonal bu deokter menjelaskan bahwa lebih cendrung ke wanita karena ini berhubungan dengan level hormon estrogen.

Pak Dr. Abijanto SB, sendiri dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang komposisi bahan herbal yang dibuat dari Saga Rambat yang dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan manis, Seruni yang biasanya tumbuh disemak-semak, ada lagi Akar manis yaitu tanaman dengan batang tumbuh mendatar warna coklat kemerahan dan kuning. Terakhir ada Thymi Vulgaris L yang tumbuh didaerah dengan suhu udara dingin. Di Indonesia tumbuhan ini banyak dijumpai dilereng gunung Salak dan gunung Lawu.

Selanjutnya Delton mengadakan sesi games, dimana para peserta nangkring dihadapkan pada dua games. Pertama game dimana peserta harus mencari jenis tumbuhan yang merupakan obat penyusun komposisi Kuldon Sariawan yang dijelaskan oleh pak Abijanto. Untuk sesi ini pemenang akan mendapatkan goody bag tambahan serta payung cantik. Ada juga game menyusun gambar dari berbagai iklan kuldon yang pemenangnya juga mendapat goodybag tambahan serta payung cantik.

Epilog

Usaha keras PT Deltomed Laboratories untuk tetap mengedepankan obat herbal yang sesungguhnya merupakan warisan leluhur patut diapresiasi karena disaat obat kimia sering disalahgunakan dengan cara dipalsukan yang tentu akan merugikan konsumen sendiri. Hal ini tentulah diakibatkan oleh bahan baku obat yang harus diimpor dari luar negeri. Jika kita bisa berdiri diatas kaki sendiri, mengapa kita harus terperdaya dengan obat palsu yang 'sengaja' diedarkan demi keuntungan sepihak oknum produsen yang tidak bertanggung jawab. Jayalah terus dunia herbal Indonesia.

VIDEO PILIHAN